Nusantara

1.500 Satgas Kebakaran Hutan Terus Disiagakan di Sumsel

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Mawardi Yahya, mengatakan untuk mengantisipasi bencana akibat dari kekeringan terutama dalam menghadapi musim kemarau pada tahun ini, sekitar 1.500 satgas disiagakan di Sumsel.

“Kita sudah mensiagakan kurang lebih 1.500 satgas di Sumsel untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (kathutla),” ujar Mawardi, Rabu (24/7).

Baca Juga

Kebakaran Lahan Gambut di Sumsel Makin Meluas

Tiga Hari Berturut-turut, Karhutla di Sumsel Hanguskan 27,5 Hektare Lahan

Dia menjelaskan, di Provinsi Sumsel, kemarau panjang diperkirakan akan terjadi pada akhir Juli, memasuki Agustus hingga September mendatang. Oleh karena itu, dia meminta kepada BMKG Sumsel untuk selalu mengevaluasi perkembangan yang ada di lapangan sehingga nantinya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel dapat secara sigap dalam mengantisipasi terjadinya bencana terutama kebakaran hutan di wilayah Sumsel.

“Sebagai langkah antisipasi karhutla, satga ini sejak beberapa hari yang lalu telah ditempatkan di wilayah Sumsel yang rawan karhutla dengan bekerja sama dengan masyarakat di desa-desa,” ucap dia.

Ia juga menambahkan, untuk peralatan pemadaman karhutla di Sumsel juga sudah memadai termasuk helikopter dan peralatan lainnya sudah disiapkan. Di samping itu sejumlah perusahan perkebunan yang ada di Sumsel juga diharapkan ikut mengantipasi mencegah karhutla.

“Sejauh ini satgas dan peralatan sudah kita siagakan. Pastinya jangan sampai pemerintah dianggap salah. Oleh karena itu kita harapkan antisipasi sejak dini dilakukan,” katanya.

“Ini juga yang telah ditekankan Presiden Jokowi agar pemerintah daerah aktif dengan melibatkan masyarakat dalam mencegah terjadinya bencana,” tuturnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close