Nasional

136.960 Jamaah Haji Indonesia Tiba di Tanah Air, 405 Orang Wafat

Oleh: Ahmad ZR

Wartamelayu.com, Jakarta – Hingga kini sebanyak 136.960 jamaah haji Indonesia telah tiba di Tanah Air. Dari 230.000 lebih jamaah haji Indonesia, sebanyak 405 orang meninggal dunia di Arab Saudi.

Rincian jamaah haji meninggal di Madinah sebanyak 34 orang Jeddah 9 orang, Makkah 362 orang, Arafah 8 orang, Muzdalifah 1 orang, Mina 26 orang dan Haji Khusus 26 orang.

Kasubbag Informasi dan Humas Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Abdul Basir mengatakan, hingga kini 136.960 jamaah Indonesia tiba di Tanah Air dari 335 kelompok terbang (kloter).

Baca Juga

Satu Jamaah asal Palembang yang Hilang Belum Ditemukan

Pulang dari Tanah Suci, Seorang Jamaah Haji asal Lampung Terinfeksi Virus Mers

Kemarin, jumlah jamaah haji yang tiba sebanyak 6.042 orang dari 15 kloter. “Total kepulangan jamaah haji dari bandara Jeddah dan Madinah kemarin adalah 6.117,” kata Kasubbag Informasi dan Humas Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Abdul Basir kepada Indonesia Inside, Kamis (5/9).

Sebelumnya, jamaah yang pulang dari Bandara Jeddah, yaitu sebanyak 92.864 jamaah yang terdiri dari 229 kloter. “Alhamdulillah jamaah tidak ada kendala. Saat pemulangan justru ada layanan Eyab untuk peningkatan layanan di jalur khusus,” ujarnya.

Layanan Eyab ini berlangsung di Bandara Prince Mohammed bin Abdulaziz, Madinah. Layanan ini berlangsung mulai 4 September hingga 11 September 2019.

Jumlah jamaah haji Indonesia yang mendapatkan fasilitas yang baru pertama diberikan ini sudah sangat besar. Nantinya, dalam fasilitas Eyab ini, Pemerintah Arab Saudi ingin menampilkan berbagai atraksi maupun informasi tentang kebudayaan yang dimilikinya. (Rap/Aza/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close