Ekonomi

173 Ribu Wajib Pajak di Palembang Diberi Diskon PBB

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Sebanyak 173 ribu wajib pajak di Kota Palembang bakal diberikan stimulus atau diskon Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Diskon ini akan diberi Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menyusul Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) wajib pajak tersebut segera dibagikan pada Agustus mendatang.

Kepala Badan Pengelola Pajak Daerah (BPPD) Kota Palembang, Sulaiman Amin, mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan kajian teknis. Menurut dia, opsi yang diambil adalah memberikan stimulus kepada wajib pajak sebesar 20-80 persen yang dilihat dari kondisi objek dan subjek pajak.

“SPPT yang lama ditarik kembali. Kita cetak baru SPPT sesuai dengan stimulus atau diskon yang diberikan dan disebar pada Agustus nanti, kecuali wajib pajak dengan pajak di bawah Rp 300 ribu,” ujar dia di Palembang, Rabu (17/7).

Baca Juga

Gubernur Segera Kumpulkan Bupati dan Wali Kota di Sumsel, Buat Apa Ya?

Pemkot Sebut Kenaikan PBB di Palembang Khusus Kawasan Bisnis dan Elite

Dia menjelaskan, stimulus ini dikategorikan dari buku 1 sampai 6. Wajib pajak di bawah Rp 300 ribu diberi stimulus 100 persen. Sementara pajak dari Rp 300 ribu – Rp 500 ribu ada di buku 3 diberi 80 persen. Sedangkan wajib pajak yang masuk buku 4 diberi stimulus 70 persen, buku 5 diberi 60 persen, serta buku 6 diberi 50-20 persen.

“Pada Agustus bakal dibagikan SPPT, maka bagi yang berkeberatan masih ada peluang mengajukan keringanan, ada syaratnya sesuai SOP di perwali dilihat kondisi subjek dan objek pajak,” ucap dia.

Dengan adanya stimulus ini, kata dia, hitungan pendapatan PBB akan ditutupi dari sektor lain. Target awal Rp 442 miliar, dengan ada pengurangan sesuai dengan hitungan persentase target, jika capaian 80 persen jadi totalnya Rp 275 miliar.

“SPPT di bawah Rp 300 ribu tetap berjalan dan tidak ditarik. Kita prediksi yang akan diberikan stimulus di buku 3 sampai 6 itu ada 173 ribu wajib pajak, sisanya yang nihil ada 267 ribu wajib pajak,” tuturnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close