Ramadhan KitaTips-tips

4 Tips Bersih-Bersih Rumah Jelang Lebaran

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Bersih-bersih rumah menjelang Lebaran, menjadi tradisi masyarakat Muslim di Indonesia.

Wartamelayu.com, Jakarta — Tak terasa Lebaran sudah di depan mata. Bagi Anda yang akan merayakan Lebaran, ada baiknya membersihkan rumah sebelum esoknya menyambut para tamu. Rumah yang rapi dan bersih, tentu akan membuat para tamu nyaman ketika sedang bersilaturahmi ke rumah Anda.

Konon, bersihnya rumah mewakili bersihnya hati ketika bersilaturahmi. Tahukah Anda, jika ada beberapa prioritas yang harus di dahulukan dalam bersih-bersih rumah? Simak ulasannya berikut ini:

1. Halaman Rumah
Ketika tamu datang ke rumah Anda, halaman rumah adalah tempat pertama yang dilihat oleh para tamu. Bila memungkinkan, cat tembok teras Anda agar terkesan lebih bersih. Selain itu, teras yang baru dicat juga akan menghadirkan kesan “baru” untuk rumah Anda. Bila ada taman di halaman rumah, jangan lupa untuk memberisihkannya.

Cabut rumput liar dan daun-daun layu dari tanaman hias di halaman rumah. Dalam sekejap, suasana fresh pun akan hadir di halaman rumah.

2. Ruang Tamu
Tamu saat Lebaran, tentunya akan masuk dan ngobrol di ruang tamu. Untuk itulah, bersihkan semua debu yang menempel di tembok dan perabot. Ganti gorden dan sarung bantal sofa dengan yang bersih dan wangi. Kesan segar akan membuat tamu betah bertamu di rumah Anda.

3. Kamar Mandi
Ada saatnya tamu Anda numpang ke kamar mandi untuk buang air kecil, khususnya tamu dari luar kota. Jangan sampai membuat tamu Anda “ilfil” karena kondisi kamar mandi yang kotor. Sikat seluruh lantai dengan cairan pewangi khusus. Bersihkan juga keramik tembok dengan menggunakan sikat, dan kemudian dilap dengan busa atau kain agar lebih mengkilat.

4. Pakaian
Setelah beberes rumah, sebaiknya Anda mengecek ulang pakaian Anda. Tentu tak harus pakaian baru untuk menerima tamu. Baju tahun lalu pun tak masalah, asal masih bersih dan terlihat pantas untuk dipakai. Menerima tamu dengan pakaian yang bersih dan wangi, tentu akan lebih sopan daripada mengenakan baju yang kusut.

Mudah-mudahan di hari yang fitri, selain hati, rumah pun makin bersih dan rapi ya. Semoga artikel ini bermanfaat. (Rap/*/Dry/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close