Nasional

Pemerintah Pusat Tetap Subsidi LRT Palembang

Oleh : Nover

Light Rail Transit (LRT) hanya ramai diwaktu Asian Games, sementara sekarang hanya ramai akhir pekan.

Wartamelayu.com, Palembang – Pemerintah pusat tidak akan menghentikan untuk operasional LRT Palembang pada 2019.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam kunjungan ke Palembang dalam rangka mengajak masyarakat naik LRT.

Menurut Budi Karya dalam dialog “Payo Naik LRT” mengatakan bahwa pemerintah pusat tetap akan memberikan subsidi, tidak tidak perlu dibebankan pada Pemerintah daerah.

“ini kendaraan masal seperti banyak negara lain di Singapura, Malaysia semua disubsidi. Jadi kita pun tetap memberikan subsidi untuk LRT Palembang,” ujar Budi Karya.

Dikatakan Budi Karya bahwa LRT Palembang dapat menjadikan transportasi masal dimasa yang akan datang.

“LRT ini menjadi suatu keniscayaan kota masa depan dengan adanya angkutan massal ini. Jadi di manapun kota yang ingin maju menjadi kota metropolitan harus ada angkutan massalnya,” tutur Budi.

Dikatakan Budi LRT Palembang sangat vital. Terbukti saat Asian Games 2018 lalu. Hampir semua Negara memberikan apresiasi. Artinya Palembang punya modal untuk menjadi kota di dunia yg sangat bergengsi.

“Masyarakat Palembang mendapatkan kesempatan untuk menjadikan LRT sebagai budaya baru dalam mengatasi kemacetan di jalan raya dalam Kota Palembang. Saya yakin LRT Palembang ini nantinya akan menjadi suatu angkutan yang sangat diandalkan,” tutur Budi.

Sementara Gubernur Sumsel Herman Deru .berharap LRT Palembang ini dapat meningkatkan pariwisata, karena LRT Palembang sangat berbeda dengan moda transportasi di daerah lainnya.

Menurut Deru keberadaan LRT ini dapat menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumsel, karena ini merupakan transportasi modern pertama di Indonesia yang aman dan nyaman, walaupun masih ada masalah mengenai untung rugi.

“Kami akan bekerja sama dengan pemerintah kota Palembang ke depan untuk memanfaatkan lahan kosong sebagai kantong parkir,” jelas Deru.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close