KesehatanLifestyle

5 Manfaat dari Berciuman Bersama Pasangan

Oleh: Anisa Tri Kusuma

Wartamelayu.com Jakarta — Dalam konteks romansa, berciuman dengan pasangan menjadi hal pelengkap dan pemanis dalam hubungan. Tidak hanya menambah gairah, ternyata berciuman juga memiliki manfaat bagi kesehatan loh! Beberapa ilmuwan mengatakan, bahwa berciuman dapat memicu seluruh spektrum fisiolgis untuk meningkatkan kekebalan dan meningkatkan kerekatan hubungan dengan pasangan Anda.

Apa saja manfaat berciuman bagi kesehatan tubuh kita? Berikut ulasannya.

1. Berciuman Bisa Meredam Emosi Negatif

Berciuman bibir dapat membangkitkan sensasi fisik yang bisa mendorong otak Anda meningkatkan dopamin, yaitu sebuah neurotransmitter yang berhubungan dengan kesenangan. Pada saat yang sama, bagian otak lainnya mematikan emosi negatif.

Sensasi dua bibir bertemu juga memungkinkan untuk mendorong kelenjar pituitari Anda dan pasangan, untuk melepaskan oksitosin sehingga Anda berdua membentuk ikatan emosional. Selepas berciuman, tubuh kita juga melepaskan hormon endorfin, sebuah hormon yang bermanfaat untuk membuat kita bahagia.

2. Membakar Kalori

Salah satu manfaat mengejutkan dari ciuman adalah kegiatan romantis ini dapat membakar kalori dalam tubuh. Menurut para ahli, ciuman penuh gairah selama satu menit, dapat membakar 2 sampai 5 kalori. Jika Anda berciuman selama satu jam, artinya Anda dan pasangan dapat membakar kalori dari setengah gelas anggur atau setengah genggam permen coklat!

3. Mengencangkan Otot Wajah

Siapa sangka jika berciuman, ternyata dapat membantu Anda tampil awet muda? Hal ini dikarenakan, berciuman dapat membantu mengencangkan otot di wajah. Saat berciuman, 30 otot di wajah akan bekerja, dan menurut para peneliti, hal ini membuat wajah menjadi lebih kencang dan awet muda loh!

Hal yang sama juga dikatakan oleh Andréa Demirjian, penulis dari *Kissing: Everything You Ever Wanted to Know about One of Life’s Sweetest Pleasures* Ia mengungkapkan bahwa ciuman yang dalam dapat membentuk leher dan rahang lebih kencang.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu penyebab penyakit jantung, diakibatkan oleh stres dan meningkatnya tekanan darah. Siapa sangka, jika ternyata Anda bisa meredam stres hanya dengan berciuman! Ya, berciuman juga bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol, hingga menjaga kesehatan jantung Anda.

5. Membuat Panjang Umur

Sebuah studi mengatakan, jika pasangan suami istri yang berciuman secara rutin, dinyatakan akan memiliki umur 5 tahun lebih lama, jika dibanding mereka yang jarang berciuman dengan pasangannya.

Hal ini, dikarenakan ciuman mampu meningkatkan kadar hormon baik di dalam darah, sehingga membuat Anda lebih sehat dan panjang umur.

Selain menambah keintiman dengan pasangan, nyatanya ciuman bisa membuat Anda dan pasangan lebih sehat dan bahagia. Semoga artikel ini bermanfaat. (Rap/*/Dry/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close