Tips-tips

5 Tips Membuat Foto Saat Kumpul Lebaran Semakin Keren

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Bagaimana mengambil foto bareng saat Lebaran?

Wartamelayu.com, Jakarta — Momen berkumpul dengan keluarga saat Lebaran seperti saat ini tak boleh terlewat untuk diabadikan. Ketika berfoto bersama, banyak masalah akan ditemui. Dalam satu frame foto bersama grup biasa ada anggota yang kurang fokus atau terlihat kurang baik, sementara yang lainnya terlihat kece. Lalu bagaimana membuatnya tampak bagus?

Dilansir dari Digital Photography School, berikut langkah-langkah mendapatkan foto bersama yang bagus:

1. Persiapan
Sebelum memulai sesi pemotretan bersama keluarga, ada baiknya untuk menentukan di mana foto akan diambil. Pikirkan juga pose macam apa yang ingin Anda lakukan dalam frame, dan pastikan semua orang berada dalam satu frame. Yang paling penting, isi penuh baterai kamera atau smartphone yang akan digunakan untuk memotret.

2. Lokasi
Pemilihan lokasi bisa dilakukan berdasarkan beberapa pertimbangan. Jika foto diambil di luar ruangan, pastikan tempat pengambilan foto tidak ramai orang lalu lalang. Pilih background yang akan terlihat bagus untuk foto bersama. Salah satu tips mengambil foto yang bagus, adalah tempat yang cukup cahaya. Yang tak kalah penting adalah tempat itu muat untuk semua orang yang ingin dipotret.

3. Multiple Shot
Manfaatkan mode multiple shoot, atau mode mengambil foto beberapa kali sekaligus. Jika hasil foto pertama tidak bagus, masih ada cadangan di foto-foto berikutnya yang mungkin menampilkan hasil berbeda. Anda bisa mengambil beberapa jepretan ketika orang-orang sedang candid dan menyuruh orang lain mengambil posisi yang tepat. Momen ini biasanya justru yang paling lucu dan natural.

4. Jarak
Keluarga adalah orang-orang yang paling dekat dengan Anda. Tampilkan kehangat keluarga dengan berfoto “rapat” antara satu sama lain. Jarak yang berdekatan jugq memudahkan semua orang masuk ke dalam frame kamera.

Jika tak banyak orang di dalam frame, Anda bisa mencoba mengambil jarak medium, sehingga antar keluarga terlihat lebih intimate.

5. Pose
Biasanya orang-orang akan menata diri mereka secara natural, yang paling tinggi di posisi paling ujung atau belakang sementara yang kecil berada di tengah atau depan. Namun, perlu diperhatikan bahwa jarak antara yang depan dan belakang tidak terlalu berjubel agar foto terlihat bagus.

Mengabaikan momen dalam suasana lebaran, tentunya akan menjadi hal yang tidak akan terlupakan sampai kapanpun. Selamat lebaran! (Rap/*/Dry/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close