Ekonomi

6 Kiat Bijak Milenial Mengelola Card Syariah

Oleh: Ahmad ZR

Wartamelayu.com, Jakarta – Revolusi industri 4.0 mendorong terjadinya disrupsi dalam berbagai hal. Efisiensi dan sesuatu yang simpel menjadi pilihan milenial dalam mengelola setiap kebutuhannya.

Termasuk untuk alat pembayaran, hampir mayoritas menggunakan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau dalam bahasa Inggris; Automated Teller Machine atau Automatic Teller Machine). Kepatuhan syariah di Indonesia menjadikan milenial juga banyak yang menggunakan card syariah.

Lantas, bagaimana cara bijak milenial mengelola keuangan dengan syariah card? Wakil Ketua Fraksi Partai Keadlian Sejahtera (PKS) bidang Industri dan Pembangunan, Mulyanto membeberkan enam tips milenial bijak mengelola keuangan dengan syariah card.

Pertama, kartu tersebut tidak dijadikan sebagai uang atau pendapatan tambahan. Menurut dia, kartu hanya sebagai alat pembayaran pengganti tunai.

“Sehingga jangan merasa pegang kartu, berarti punya banyak uang,” kata Mulyanto kepada Indonesia Inside, Sabtu (12/10)

Kedua, tagihan kartu alias hutang, agar selalu dibayar lunas. “Agar tidak terjadi akumulasi hutang,” ujarnya

Ketiga, Mulyanto menyarankan agar milenial membeli sesuatu sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Keempat, lakukan riset kecil sebelum membeli, agar tepat waktu, tempat, dan harga pembelian terbaik.

“Nah, kelima jangan lebih besar pasak daripada tiang. Ini penting agar tidak tutup lobang gali lobang,” katanya berkelakar.

Keenam, milenial tidak terbawa arus fear of missing out (FOMO) alias ikut-ikutan teman dengan alasan takut ketinggalan teman. “Karena akibatnya sangat besar, mereka akan menjadi konsumerisme yang tidak pernah merasa puas,” ujar dia.

Mengenal salah satu syariah card

iB Hasanah Card merupakan kartu pembiayaan yang berfungsi sebagai kartu kredit berdasarkan prinsip syariah, yaitu dengan sistem perhitungan biaya bersifat tetap, adil, transparan, dan kompetitif tanpa perhitungan bunga yang diterima di seluruh tempat bertanda MasterCard dan semua ATM yang bertanda CIRRUS di seluruh dunia yang diterbitkan oleh BNI Syariah dengan akad sebagai berikut:

1. Akad Kafalah

BNI Syariah adalah penjamin bagi pemegang iB hasanah card timbul dari transaksi antara pemegang iB hasanah card dengan Merchant, dan atau penarikan tunai.

2. Akad Qardh

BNI Syariah adalah pemberi pinjaman kepada pemegang iB hasanah card atas seluruh transaksi penarikan tunai dengan menggunakan kartu dan transaksi pinjaman dana.

3. Akad Ijarah

BNI Syariah adalah penyedia jasa system pembayaran dan pelayanan terhadap pemegang iB hasanah card. atas Ijarah ini, pemegang iB hasanah card dikenakan annual membership Fee.

Batasan Penggunaan iB Hasanah Card

iB Hasanah Card tidak digunakan untuk transaksi yang tidak sesuai dengan Syariah dam juga tidak mendorong pengeluaran yang berlebihan (israf) Pemegang iB hasanah card harus memiliki kemampuan financial untuk melunasi pada waktunya.

Jenis iB Hasanah Card. iB Hasanah Card terdiri dari 3 jenis kartu, yaitu classic, gold dan platinum. (Rap/*/Dry/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close