Tekno

7 Fitur Ponsel Yang Sudah Punah

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Pekembangan teknologi membuat semua aplikasi smarphone ikut berinovasi. Lantas, spa saja fitur yang pernah ada dan kini sudah mulai punah?

wartamelayu.com, Jakarta — Perkembangan teknologi smartphone memang sangatlah pesat. Rasanya baru sesaat handphone berlayar monohcrome, dan sekarang layar smartphone sudah semakin canggih dengan desain dan spesifikasinya yang semakin canggih. Bukan hanya soal layar, fitur sebuah ponsel pun terus berganti dan berkembang dengan cepat. Mulai dari penemuan SMS, email, hingga instan messenger, adalah fitur yang ada di sebuah ponsel cerdas.

Saking cepatnya perkembangan ponsel, ada beberapa fitur yang dulunya cukup sering digunakan, namun kini sudah jarang dipakai oleh para pengguna smartphone di era sekarang. Nah, berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. MMS
MMS atau Multimedia Message Service adalah fitur layanan dalam teknologi 2.5G atau EDGE yang memungkinkan pengguna mengirim pesan singkat berbentuk gambar, teks, video, dan suara. Ketika layanan ini diperkenalkan oleh para operator seluler, banyak orang yang jarang menggunakannya karena tarifnya yang mahal. Saat ini di tengah zaman 4G, orang-orang sudah semakin meninggalkan fitur ini meskipun masih disematkan dalam smartphone.

2. FM Radio
Dulu, ketika ponsel pertama bisa memutar musik, banyak orang tertarik dan ditambah lagi ada yang menyematkan FM Radio di dalamnya. Dengan FM radio di hape, kita bisa mendengarkan musik secara gratis. Tapi disadari atau tidak, fitur FM Radio kini semakin jarang dipakai dan sejumlah vendor bahkan sudah menghilangkan fitur ini di smartphonenya. Kini para pengguna lebih suka mendengarkan musik lewat layanan streaming atau radio digital menggunakan jaringan data agar bisa mengakses radio manapun di seluruh dunia

3. WAP
Masih ingat dengan situs gratisindo.com atau waptrick.com? Situs tersebut adalah situs yang populer di era WAP (Wireless Application Protocol). WAP adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengakses internet melalui perangkat dengan kecepatan jaringan yang lambat, dalam hal ini GPRS. Awalnya WAP hanya bisa menampilkan teks kemudian gambar. Setelah munculnya teknologi 3G, WAP mulai ditinggalkan.

4. PTT
Fitur yang sempat ada pada teknologi 2G lainnya adalah PTT atau Push To Talk. Sederhananya, pengguna dengan layanan ini bisa berkomunikasi dengan cara mirip HT (Handy Talky) atau bergantian. Tapi karena dianggap ribet, tidak fleksibel, dan harus menggunakannya ke operator yang sama, layanan ini menguap begitu saja seiring kedatangan 3G yang bisa langsung mengirim suara lewat instan messenger.

5. TV Analog
Ketika Android belum setenar sekarang dan ponsel lokal masih berjaya, banyak hape yang menyematkan fitur tv analog di dalamnya. Dengan fitur ini pengguna bisa menonton tv secara gratis melalui jaringan analog dan biasanya sudah disertakan antena. Sebenarnya fitur ini cukup membantu dan sangat bermanfaat karena bisa menghemat kuota. Tapi sayangnya sekarang tv analog sudah tidak bisa ditemukan di smartphone keluaran terbaru.

6. EMS
EMS (Enchanced Messaging Service) adalah fitur teknologi 2G yang memungkinkan pengguna mengirim gambar sederhana untuk sesama hape yang masih menggunakan layar monochrome. Gambar yang bisa dikirim sangat terbatas dan fitur ini tergolong singkat di masanya karena dengan cepat tergantikan oleh hape layar berwarna.

7. Port Infrared
Sebelum adanya bluetooth dan WiFi, dulu para pengguna hape mentransfer data harus menggunakan infrared yang sekali kirim file lagu saja membutuhkan waktu yang cukup lama dan kedua perangkat harus saling berdekatan. Sekarang transfer file 1GB saja bisa dilakukan dengan cepat melalui WiFi. Sekarang port infrared memang masih disematkan di beberapa smartphone, tapi sudah beralih fungsi untuk sensor agar hape bisa jadi remote TV, AC, DVD, dll.

Kehadiran teknologi yang semakin maju, tentunya dibarengi dengan teknologi lawas yang kemudian ditinggalkan. Tentu saja ini adalah siklus yang wajar, ketika teknologi baru hadir dan menggantikan yang lama. (Kbb)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close