Nasional

Ada 113 Pemudik Tewas Selama Arus Mudik 2019

Oleh: Muhajir

Wartamelayu.com, Jakarta – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri hingga kini mencatat sebanyak 113 orang dikabarkan meninggal dunia selama pelaksanaan Operasi Ketupat pada arus mudik 2019.

Selain itu, Korlantas juga mencatat sebanyak 78 orang mengalami luka berat dan 555 orang mengalami luka ringan dalam kecelakaan lalu lintas. Jumlah ini merupakan akumulasi dari pelaksanaan Operasi Ketupat yang dimulai pada 29 Mei hingga 7 Juni.

Korlantas mencatat, hingga H+1 lebaran, terdapat 471 kejadian. Angka tersebut diklaim mengalami penurunan sebanyak 63 persen dibanding mudik 2018 yang mencapai 1.288 kejadian kecelakaan.

Dari kejadian kecelakaan itu, diperkirakan kerugian materil sebesar Rp183.450.000. Jumlah ini iuga diklaim mengalami penurunan dibanding tahun lalu yang tercatat sebesar Rp271.150.000 atau turun sebesar 66 persen.

Ketua Harian Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu, I Nyoman Sukayadnya menuturkan, turunnya jumlah kecelakaan selama arus mudik 2019 dikarenakan perubahan perubahan karakter pemudik saat berkendara. Pemudik dinilai punya kesadaran keselamatan yang lebih tinggi saat berkendara.

“Tidak ada kecelakaan yang signifikan, berarti masyarakat sudah sadar pentingnya keselamatan, tidak ada muatan di atas, juga teman-teman pengguna sepeda motor yang satu sepeda motor sampai empat orang saya lihat tidak ada,” tutur Sukayadnya, Sabtu (8/6). (RAP/EPJ/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close