Politik

Alasan Jokowi-Ma’ruf Dilantik Siang Bolong

Oleh: Muhajir

Wartamelayu.com, Jakarta – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) telah menetapkan waktu pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Acara sakral itu akan digelar pukul 14.00 WIB pada Ahad (20/10) mendatang. Mengapa memilih pelantikan di siang hari?

“Kami sepakat tak ingin mengganggu aktivitas masyarakat, seperti car free day dan lainnya. Karenanya dilakukan pukul 14.00,” kata Ketua MPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet), seusai memimpin rapat pimpinan MPR di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (9/10).

Selain itu jika pukul 14.00 WIB, umat Kristiani telah melaksanakan ibadah, umat Islam juga selesai menunaikan Shalat Dzuhur, dan masyarakat juga beres dari aktivitas olahraga.

“Masih bisa melaksanakan salat asar setelah pelantikan,” kata Bamsoet.

Dia mengatakan, kesekjenan MPR telah melakukan persiapan sejak dua pekan lalu. Awalnya, pelantikan akan digelar pada pukul 10.00 WIB, kemudian diundur pada 16.00 WIB, lalu hari ini ditetapkan pukul 14.00 WIB.

Pertimbangan lainnya adalah MPR tidak ingin menggangu aktivitas masyarakat di pagi hari, apalagi bagi mereka yang ingin berakhir pekan. Terkhusus warga Jakarta yang memiliki kegiatan berlibur.

“Kemudian kita tidak ingin mengganggu kegiatan masyarakat yang ingin berolahraha di car free day,” ucal Bamsoet. (RAP/EP/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close