Nasional

Awal Februari 2020, Bandara Kertajati Dioperasikan untuk Jamaah Haji

Oleh: Ahmad ZR

Wartamelayu.com, Jakarta – Menteri Agama, Fachrul Razi melakukan pertemuan dengan Menteri Perhubungan guna membahas kesiapan transportasi calon jamaah haji tahun 2020. Dalam pertemuan itu disepakati bahwa calon jamaah haji dari Kabupaten Kuningan, Indramayu, Cirebon, dan Majalengka dapat melalui Bandar Udara Kertajati.

“(Bandara Kertajati) sudah siap. Hambatan-hambatan tentu saja banyak ya, ada lah, bukan banyak, kita coba atasi dan mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa kita atasi semua, sehingga Kertajati bisa terpakai,” kata Fachrul saat ditemui di kantor Kemenag, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (6/12).

Mantan Wakil Panglima TNI ini menyebutkan, di antara kendala di Bandara Kertajati sebelumnya lebih kepada masalah teknis. Seperti kesiapan asrama haji.

“Kalau pakai (embarkasi) yang di Tasik kan kejauhan. Jadi kita coba cari pemecahannya dan masih ada hambatan kecil-kecil, tapi Insya Allah kita bisa segera atasi,” ujarnya.

Sementara Menhub Budi Karya Sumadi siap mengatasi semua masalah terutama koordinasi dengan penerbangan di Saudi dan masih berlangsung. Intinya, Menhub mengapresiasi langkah Kemenag.

Dia menyebutkan, mulai awal tahun depan Bandara Kertajati mulai beroperasi untuk penerbangan ke Saudi, termasuk untuk ibadah umrah.

“Menteri agama juga setuju (umrah lewat Kertajati). Kita laksanakan mulai 1 Februari (2020),” kata Budi. (Rap/Aza/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close