Tekno

Awas! Hacker Bisa Mencuri Data Anda Lewat Bluetooth

Oleh: Anisa Tri K

Wartamelayu.com, Jakarta – Para peneliti keamanan siber menemukan celah keamanan baru pada Bluetooth. Celah ini memungkinkan jutaan perangkat berisiko diretas oleh hacker.

Celah ini dinamai dengan KNOB attack, kepanjangan dari Key Negotiation of Bluetooth. Celah ini disebut-sebut bisa digunakan untuk mengintip komunikasi dalam perangkat.

Celah keamanan ini ditemukan oleh tim Center for IT-Security, Privacy, and Accountability (CISPA). Celah ini memungkinkan hacker jahat mengganggu ketika dua perangkat ingin saling terhubung dan memberikan kesempatan pada hacker untuk menyusupi bluetooth tanpa ada yang tahu.

Mengutip The Verge, Selasa (20/8), kerentanannya cukup berbahaya. Alih-alih langsung memecahkan enkripsi, kerentanan ini memungkinkan peretas untuk memaksa perangkat Bluetooth yang sudah dipasangkan (pairing) untuk memecahkan enkripsi yang lebih lemah.

Pasalnya, ketika dua sambungan Bluetooth saling terhubung, Bluetooth membangun enkripsi baru. Saat hacker masuk di antara proses ini, mereka bisa menipu kedua perangkat untuk membuka kunci enkripsi baru ini dengan jumlah karakter yang relatif lebih kecil.

Dengan celah keamanan ini, hacker bisa mengambil data dari perangkat yang mencoba terkoneksi melalui bluetooth selama mereka masih dalam jangkauan. Para peneliti menamakan aksi ini sebagai serangan KNOB.

“Serangan KNOB adalah ancaman serius terhadap keamanan dan privasi semua pengguna Bluetooth,” tulis para peneliti dalam laporannya dikutip dari Digitaltrends.

Masalahnya yang cukup serius ini telah membuat lembaga Bluetooth SIG, badan internasional yang bertanggung jawab atas standar untuk koneksi Bluetooth, mengeluarkan peringatan keamanan dan telah merilis perbaikan. Namun pemakaian update ini masih tergantung pada produsen untuk mengimplementasikan.

“Kami mengevaluasi implementasi pada lebih dari 14 chip Bluetooth dari produsen populer seperti Intel, Broadcom, Apple, dan Qualcomm,” tulis para peneliti.

Meskipun tidak ada tanda bahwa ada orang yang menggunakan celah ini untuk meretas perangkat seseorang, tapi penemuan ini membuktikan hampir setiap perangkat Bluetooth rentan. Jika Anda memiliki perangkat Bluetooth, Anda harus memastikan bahwa Anda memperbarui aplikasi ini sesegera mungkin. (Rap/*/Dry/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close