Lifestyle

Begini Cara Menghabiskan THR Agar Bermanfaat

Oleh: Suandri Ansah

Wartamelayu.com, Jakarta — Cairnya tunjangan hari raya (THR) dari kantor atau perusahaan merupakan salah satu faktor kebahagiaan bagi seseorang menjelang Lebaran Idul Fitri. Pada awal Juni kemarin, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat penyaluran THR untuk pegawai negeri sipil (PNS), anggota Polisi dan TNI serta pejabat negara telah mendekati 100 persen.

THR telah disalurkan oleh pemerintah secara serentak pada 24 Mei 2019 lalu. Seiring cairnya THR nafsu belanja kiat menggebu. Apalagi hari lebaran banyak yang ingin tampil dengan baju baru, suasana rumah baru, gadget baru, dan sebagainya.

Namun, tetap jaga kewarasan agar aktivitas belanja tak berubah seperti orang yang kesetanan. Membeli barang yang tidak dibutuhkan. Nah, agar menjaga keuangan tetap aman, berikut kami sajikan tips mengelola THR lebaran agar tetap manfaat dan membahagiakan.

1. Investasi

Hindari sifat impulsif saat menerima THR. Jaga agar bonus tersebut tetap utuh. Cobalah untuk berinvestasi dengan skala kecil. Misalnya dengan melakukan investasi emas atau buka tabungan deposito dari sebagian bonus THR yang diterima.

Jenis investasi yang dipilih sebaiknya adalah untuk jangka panjang guna membangun dana pensiun . Sebagai pilihan investasi, bisa menggunakan reksa dana campuran atau reksa dana saham, selama sesuai dengan profil risiko.

2. Tabungan dan dana cadangan

Jika selama ini kita belum dapat mengumpulkan dana cadangan untuk musibah atau urusan darurat lainnya, maka inilah kesempatannya. Sisihkan sebagian untuk dibuatkan tabungan dana cadangan atau dana darurat. Persentase alokasi yang ideal antara 10% hingga 20% dari THR.

Pahami bahwa dana THR adalah penghasilan tahunan yang sebaiknya dialokasikan untuk pengeluaran tahunan atau tidak rutin. Untuk pengeluaran selama dan setelah bulan Ramadhan yang bersifat rutin seperti tagihan bulanan, cicilan pinjaman, dan lainnya tetap dialokasikan dari gaji rutin.

3. Bayar utang

Pada dasarnya ada dua jenis utang yang dapat terbantu dengan adanya penghasilan dari THR. Pinjaman rumah dapat lunas lebih cepat dengan alokasi dana yang dana. Sehingga, jumlah cicilan dapat berkurang untuk durasi pinjaman yang sama.

Alternatifnya, kita dapat memperpendek durasi pinjaman rumah. Sedangkan, dana THR juga harus dialokasikan untuk membayar utang kartu kredit yang telah kita gunakan selama bulan Ramadhan.

4. Bayar zakat dan sedekah

Agar THR berkah, gunakan sebagian dari pendapatan untuk berdonasi. Sejumlah lembaga atau yayasan dapat kita manfaatkan untuk berdonasi, mulai dari platform offline hingga platform online.

Hasil survei online ShopBack yang melibatkan lebih dari 6.500 responden di lima kota besar di Indonesia (Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan) menunjukkan lebih dari setengah responden atau sekitar 57 persen mengaku akan berdonasi melalui platform online pada Ramadan 2019.

5. Ngalusin calon mertua

Nah, poin ini khusus mereka yang masjih jomblo atau melajang dan ingin segera menikah. Banyak orang menyepelekan urusan dana pernikahan padahal dana ini sangat dibutuhkan. Perencanaan keuangan yang tepat bisa meminimalisir dana kaget saat menyusun anggaran pernikahan.

Sebagai pembuka, THR juga bisa digunakan untuk merayu calon mertua agar semakin percaya bahwa anaknya telah memilih orang yang cukup secara finansial. Jangan melulu beli martabak kalau lagi apel. Sekali-kali belikan kalung emas atau intan berlian. (Rap/*/Dry/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close