Lifestyle

Berikut Fakta Penting Gelaran Harbolnas di Media Sosial

Oleh: Suandri Ansah

Wartamelayu.com, Jakarta – Memasuki masa persiapan liburan akhir tahun, brand saling berlomba meluncurkan kampanye dan/atau memberikan beragam penawaran menarik untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya dengan menggelar Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada tanggal 11 November atau dikenal dengan 11.11.

Twitter menganalisa percakapan terkait belanja selama momen-momen belanja nasional tahun 2018 di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa insight dari hasil analisis tersebut dikutip Senin (11/11).

Pertama, percakapan terkait belanja mulai terjadi di bulan September

Masyarakat Indonesia yang menggunakan Twitter mulai membicarakan tentang belanja dan travelling sejak bulan September. Jumlah cuitan di Twitter tentang berbelanja meningkat dua kali lipat pada momen hari berbelanja nasional seperti 9/9, 10/10, 11/11, dan 12/12; dibandingkan periode biasanya.

Puncak percakapan tentang belanja terjadi pada momen-momen belanja nasional. Ini merupakan kesempatan bagi brand untuk lebih terhubung dengan audiens mereka di Twitter.

“Percakapan tentang belanja dan travelling berbanding lurus di Twitter. Di setiap percakapan tentang travelling, akan tersisip percakapan terkait belanja – begitu pula sebaliknya,” kata Twitter.

Kedua, mobile adalah kunci!

Sebanyak 61% pengguna Twitter di Indonesia berencana menggunakan perangkat seluler mereka untuk melakukan pembelanjaan pada momentum belanja akhir tahun. Jika brand ingin memenangkan “pertarungan,” kampanye yang dilakukan sebaiknya difokuskan untuk menarik perhatian para mobile shopper.

Ketiga, tiga tipe pembelanja daring

Mobile shopper, yang suka berbelanja menggunakan gawai pintar mereka, yakni 1 dari 4 orang berbelanja melalui gawai pintar mereka setiap minggunya.

Regular shopper, yang berbelanja secara rutin pada periode-periode tertentu – 94% pengguna Twitter di Indonesia sudah melakukan pembelian produk secara online sejak setidaknya satu bulan lalu.

Social shopper, yaitu mereka yang membuat keputusan berbelanja berdasarkan rekomendasi di media sosial – 48% memutuskan untuk berbelanja berdasarkan rekomendasi di media sosial. 83% dari pengguna Twitter di Indonesia juga mencari dan membeli produk secara online.

Keempat, fesyen dan aksesoris adalah kategori paling populer

Dari hasil analisa Twitter, terdapat setidaknya 9 kategori produk yang banyak dibeli melalui perangkat seluler. Dari 9 kategori tersebut, fesyen dan aksesoris (69%) menjadi kategori paling populer yang dibeli oleh pengguna Twitter di Indonesia melalui perangkat seluler. Kemudian diikuti oleh produk terkait travelling (54%) serta kecantikan dan perawatan pribadi (50%). (Rap/*/Dry/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close