Khazanah

Besarnya Pahala Jika Menjenguk Orang Sakit

Oleh: Herry M Joesoef

Wartamelayu.com, Jakarta – Mereka yang didera sakit adalah yang sedang berada dalam kondisi fisik yang lemah. Oleh sebab itu, mereka yang sakit tidak bisa beraktifitas sebagaimana layaknya orang sehat. Boleh jadi mereka terbaring di rumah sakit, tidak bisa bekerja, dan penghasilan pun bisa jadi menurun. Ini belum untuk kebutuhan pengobatan dan orang-orang di rumah yang menjadi tanggungannya, misalnya. Karena itu, menengok mereka yang sakit menjadi suatu kewajiban.

Selain memberi semangat dan mendoakan agar bisa cepat sembuh, memberi bantuan finansial untuk meringankan beban si sakit dan keluarganya, sangat dipujikan. Abu Musa Al- Asyari menarasikan, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Bantulah orang yang kesusahan, hadiri undangan, dan jenguklah orang yang sakit.” (HR Imam Bukhari)

Menjenguk orang sakit adalah salah satu dari lima hak muslim terhadap muslim lainnya. Dan salah satu keistimewaannya adalah, sebagaimana dinarasikan oleh Sahabat Tsaubah, bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang menjenguk orang sakit  maka ia seperti sedang berada di khurfanya surga.” Lalu para sahabat bertanya, “Apa yang dimaksud kurfah?” Beliau menjawab, “Khurfah adalah memetik (buah-buahan surga).” (HR Imam Muslim)

Di dalam riwayat yang lain, Rasulullah menjelaskan bahwa menjenguk orang sakit sama saja dengan “menemui” Allah. Abu Hurairah meriwayatkan, bahwa Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah telah berabda pada hari kiamat, ‘Wahai anak Adam, sesungguhnya  Aku sakit namun engkau tidak menjengukku,’ lalu anak cucu Adam  menjawab, ‘Bagaimana kami mengenguk-Mu sedangkan Engkau adalah Rabb alam semesta?’ Dia menjawab, ‘Bukankah engkau tahu hamba-Ku si fulan sakit, tetapi engkau tidak menjenguknya? Apakah engkau tidak tahu jika engkau menjenguk hamba-Ku tersebut maka engkau akan mendapatkan-Ku bersamanya?’” (HR Imam Muslim)

Menjenguk orang sakit, menghibur, mendoakan, dan membantunya, sama dengan berada di taman buah surga dan menemui Rabb-nya. Itu artinya, mereka yang rajin menjenguk saudara-sauadayanya yang sedang sakit, maka surga adalah jaminannya.  Mau masuk surga? Jenguk, doakan, dan bantulah mereka yang sedang terbaring sakit. (RAP/HMJ/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close