Nusantara

BKD Sumsel: Lowongan CPNS 2019 Didominasi Tenaga Kesehatan

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Kepala Dinas Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumatera Selatan, Nora Elisha, menyebut formasi tenaga kesehatan dalam seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 paling banyak.

“Tahun ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan membuka lowongan CPNS sebanyak 188 formasi. Rata-rata teknik dan kesehatan, tapi paling banyak tenaga kesehatan,” ujar Nora di Palembang, Kamis (31/10).

Dia menjelaskan, untuk proses penerimaan CPNS tahun inipun tetap menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Namun, kata dia, sejauh ini pihaknya belum bisa menjelaskan rincian proses pelaksanaannya.

“Ya, masih menggunakan sistem CAT. Tapi, untuk detail-nya kita masih menunggu petunjuk teknis dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk proses penerimaan CPNS itu,” kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan, Nasrun Umar, menambahkan bahwa jumlah yang disetujui oleh Pemerintah Pusat hanya 188 formasi. Dia menilai, jumlah itu memang masih kurang, tapi keputusan penetapan formasi untuk CPNS itu sepenuhnya kewenangan pusat.

“Memang terjadi penyusutan dari apa yang kita ajukan. Penyusutan itu sebenarnya terjadi di seluruh wilayah, karena dari pusat alokasinya juga turun jadi berdampak di daerah pun turun,” ucap dia.

Ia menambahkan, untuk menutup kekurangan tenaga pegawai itu, maka pemerintah setempat berencana akan merekrut tenaga honorer. “Kita akan menutupi dengan tenaga honorer, tapi perekrutan tenaga honorer tidak hanya mencomot saja, kita akan tes langsung dengan berbagai bidang. Jadi tenaga honorer itu memag layak berkerja di Pemprov Sumsel,” tutup dia. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close