Nusantara

BMKG: 345 Titik Panas Terpantau di Wilayah Sumatera

Oleh: Bayu Derriansyah

Wartamelayu.com, Pekanbaru – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan dari hasil pantauan di wilayah Pulau Sumatera menunjukkan adanya peningkatan jumlah titik panas (hotspot) pada Jumat (23/8) malam ini. BMKG memantau terdapat 345 titik panas yang terdeteksi di Sumatera.

Ratusan titik panas tersebut tersebar di delapan provinsi, dengan titik terbanyak berada di Provinsi Riau. Dari pantauan BMKG, malam ini terdapat 112 titik panas yang terdeteksi di tujuh kabupaten dan kota di Riau.

Selain Riau, di Provinsi Sumatera Selatan dan Jambi juga masih terdeteksi titik panas yang cukup banyak. Di Sumatera Selatan malam ini terdeteksi 89 titik dan Jambi terdapat 67 titik.

Sedangkan titik panas lainnya terdeteksi di Provinsi Bengkulu 4 titik, Lampung 17 titik, Sumatera Barat 5 titik, Kepulauan Riau 11 titik, serta Bangka Belitung 40 titik.

Sementara untuk titik panas yang terdeteksi di Riau, totok terbanyak masih berada di wilayah Kabupaten Pelalawan, yakni berjumlah 46 titik.

“Titik panas terbanyak masih berada di Pelalawan. Hari ini terdapat 46 titik di Pelalawan. Kemudian di Inhil 44 titik, Bengkalis 8 titik, Kepulauan Meranti dan Inhu masing-masing 5 titik, serta Kuansing dan Siak masing-masing terdapat 2 titik panas,” papar Prakirawan BMKG Pekanbaru.

Berdasarkan pantauan BMKG melalui satelit TERRA, AQUA dan SNPP, 74 dari 112 titik di Riau berada pada level confidence lebih dari 70 persen, dan diduga kuat merupakan titik karhutla.

74 titik tersebut yakni berada di wilayah Bengkalis 5 titik, Kepulauan Meranti 3 titik, Kuansing 1 titik, Pelalawan 32 titik, Siak 2 titik, Inhu 2 titik dan Inhil 29 titik.

Sementara untuk pantauan jarak pandang di empat wilayah yang dikepung kabut asap pagi tadi, malam ini terpantau sudah mulai normal. Jarak pandan di Kota Pekanbaru 10 km, Rengat 7 km, Dumai 9 km dan Pelalawan 6 km. (Rap/Bayu/Jss/PS/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close