Tekno

Cara Ampuh Mengatasi Ponsel Android yang Lemot

Oleh: Anisa Tri Kusuma

Wartamelayu.com Jakarta — Platform Android, hampir dipakai oleh sebagian besar orang. Alasannya, karena perangkat ini mudah dioperasikan, dan tersedia dari harga yang menengah hingga premium. Namun, seiring dengan pemakaiannya untuk kegiatan sehari-hari, tak ayal membuat kinerjanya menurun bahkan melambat.

Bila smartphone sudah mengalami lemot atau lama saat digunakan, pasti akan membuat kita jengkel. Terutama bila kita membutuhkannya di saat-saat tertentu.

Kali ini, indonesia inside.id akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi smartphone Android yang mulai lemot.

Baca Juga

Begini Cara Simpan Status WhatsApp Teman Tanpa Screenshot

Gunakan Layanan Cloud untuk Backup Data

Menumpuk seluruh file yang ada ke dalam memori internal atau eksternal, dapat memengaruhi performa sistem android secara keseluruhan. Untuk mengatasi ini, Anda bisa menggunakan berbagai layanan cloud hostinguntuk menyimpan file.

Memori internal memang sebaiknya dimanfaatkan seminimal mungkin, karena sering kali memori internal digunakan oleh sistem untuk menyimpan berbagai file yang dibutuhkan oleh sistem dalam menjalankan aplikasi dan sistem operasi. Semakin banyak ruang kosong di memori internal, semakin optimal pula performa dari sebuah smartphone.

Pastikan Sistem Android Selalu Up-To-Date

Jika Anda baru saja membeli smartphone Android, kemungkinan sistem operasinya masih bawaan sistem lama. Perlu diketahui, jika beberapa smartphone harus melakukan pembaruan sistem operasi secara manual.

Salah satu penyebab lambatnya performa dari smartphone kamu adalah kurangnya optimalisasi di sistem operasi. Dengan memperbarui sistem operasi, smartphone akan lebih optimal dan bekerja dengan mulus.

Walaupun beberapa smartphone dapat memperbarui sistem operasi secara otomatis, tetapi tidak ada salahnya untuk mengecek pembaruan secara manual.

Caranya, masuk ke Pengaturan (Settings) > Tentang Telepon (About Phone) > Pembaruan (Software Update).

Hal yang sama juga dapat Anda lakukan pada aplikasi yang ada pada smartphone dengan membuka Play Store > My Apps & Games > dan klik Update All apabila masih ada aplikasi yang belum terbarukan.

Mematikan atau Mengurangi Fitur Sinkronisasi Otomatis

Tidak sedikit dari pengguna yang menggunakan beberapa akun Google pada sebuah smartphone, dan apabila upaya sinkronisasi otomatis dari akun berjalan secara bersamaan, ini sudah pasti akan membuat smartphone bekerja lebih beratdan menjadikannya lambat.

(Sync) adalah upaya untuk menarik data baru dan menyajikannya kepada pengguna yang sudah tentu menggunakan internet dan menguras baterai.

Anda dapat mengakses pengaturan sinkronisasi di Settings (Pengaturan) > Accounts (Akun) > Auto-sync (Sink. Otomatis). Bagi Anda yang tidak mau mematikan sinkronisasi otomatis, dapat mengurangi frekuensi sinkronisasi pada aplikasi, atau menghapus akun Google yang tidak diperlukan.

Menghapus Widget

Agar memudahkan pengguna menginstal aplikasi, smartphone Android pun menyediakan berbagai macam widget.

Widget adalah aplikasi versi mini yang bisa digunakan secara langsung. Biasanya widget ditaruh di home screen untuk memudahkan pengguna ketika ingin diakses.

Namun, untuk mengoptimalkan Android yang dipakai, kamu bisa menghapusnya dengan cara pilih widget yang ingin dihapus. Kemudian tekan dan tahan untuk beberapa saat, lalu geser ke arah gambar tempat sampah.

Semoga artikel ini bermanfaat. (Rap/*/Dry/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close