KesehatanLifestyle

Cara Mencegah Agar Terhindar dari Kanker Otak

Oleh: Anisa Tri Kusuma

Wartamelayu.com Jakarta — Tahukah Anda jika otak bisa dibilang sebagai organ tubuh paling penting. Otak mengontrol seluruh tindakan kompleks kita, termasuk kemampuan kita untuk belajar, bicara, bergerak, berpikir, dan kendalikan emosi.

Namun, jika di dalam otak tumbuh sebuah tumor yang dikenal kanker otak dan dibiarkan begitu saja, makan akan semakin mengganas. Karena, kanker otak merupakan jenis kanker yang sangat mematikan.

Oleh sebab itu, mari kita lindungi organ vital ini dengan melakukan upaya pencegahan berikut ini seperti yang dilansir dari onlymyhealth.

1. Menghindari Penggunaan Bahan Kimia
Bahan kimia dan paparan radiasi kimia berpotensi besar terhadap kerusakan otak seseorang. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menghindari prosedur yang berkaitan dengan bahan kimia.

Bahan kimia yang akrab dengan kehidupan Anda sehari-hari adalah vinil klorida yang digunakan dalam plastik, formalin yang digunakan sebagai pengawet, dan acrylontrile digunakan dalam industri tekstil.

2. Mengonsumsi Fitonutrien
Kandungan fitonutrien biasanya terdapat pada sayuran hijau tua, kunyit, jahe, dan teh hijau karena memiliki sifat melawan kanker yang kuat.
Bahan-bahan pangan tersebut bisa melindungi otak karena kandungan antioksidan yang bisa membatasi kerusakan sel dengan mengurangi peradangan otak, dan mematikan sinyal komunikasi tumor otak.

3. Makan Makanan Anti Kanker
Bawang putih dan makanan yang mengandung asam lemak omega 3 membantu dalam pencegahan kanker otak. Bawang putih mengandung substansi anti kanker yang dapat membantu mengontrol kecenderungan kenker dalam sel-sel tubuh Anda.

Sumber asam lemak omega 3 diantaranya adalah kenari dan minyak biji rami. Ini membantu tubuh dalam meningkatkan kekebalan dan kemampuan untuk melawan kanker.

4. Stop Rokok dan Alkohol
Salah satu penyebab utama semua jenis kanker adalah kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok dan konsumsi alkohol. Hal ini dikemukakan oleh University of Maryland Medical Center di Amerika Serikat.

Kanker dapat menyebar ke setiap bagian tubuh, misalnya kanker paru-paru juga dapat menyebar ke otak dan mengakibatkan kanker otak. Jadi, hindari kebiasaan merokok dan minum untuk menghentikan pertumbuhan kanker otak dalam tubuh Anda.

5. Penggunaan Ponsel
Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa frekuensi penggunaan ponsel yang terlalu lama juga dapat menyebabkan kanker otak. Sehingga, Anda disarankan untuk tidak menerima telepon melalui ponsel selama lebih dari 15 menit tanpa headphone untuk menurunkan risiko kanker otak.

6. Tidur yang Cukup
Tidur yang cukup setiap hari sangatlah penting untuk keselamatan dan kesehatan otak Anda. Jalur detoksifikasi bernama sistem glimfatik membuang limbah racun yang secara alami berkumpul sepanjang hari.

Sistem ini khususnya aktif di malam hari dan memberikan kesempatan bagi mitokondria untuk membilas toksin keluar menggunakan cairan cerebrospinal. Kurang tidur menghambat proses alami sistem glimfatik yang memengaruhi fungsi kognitif.

Terutama bagi pasien yang sedang menjalani kemoterapi, memiliki kualitas tidur yang cukup memungkinkan sel-sel untuk memperbaiki kerusakan dan memulihkan jaringan. Kurang tidur bisa lebih memperburuk gejala-gejala yang berhubungan dengan keluhan bernama chemo brain.

7. Pola Makan Sehat
Sertakanlah asupan-asupan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3, misalnya ikan dan daging tanpa lemak. Selain itu, sayuran dan buah-buahan seperti brokoli, kacang-kacangan, bayam, apel, jeruk, serta nanas juga banyak mengandung antioksidan, yang bermanfaat untuk pencegahan kanker otak juga banyak penyakit lainnya.

Bahan makanan tersebut juga dilengkapi dengan kandungan vitamin-vitamin untuk mengoptimalkan kesehatan otak dan fungsi-fungsi tubuh. Menurut American Cancer Society, pola makan yang banyak mencakup sayur dan buah telah dikaitkan dengan berkurangnya risiko jenis-jenis kanker tertentu.

Gaya hidup sehat layak diupayakan sebagai bagian dari cara mencegah kanker otak. Semoga artikel ini bermanfaat. (Rap/*/Dry/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close