Tips-tips

Cara Mudah Merawat Jas Hujan Agar Awet

Oleh: Anisa Tri K

Wartamelayu.com, Jakarta – Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan. Di musim hujan seperti saat ini, sangat penting untuk membawa jas hujan dalam aktifitas sehari-hari kita. Namun, belum banyak yang sadar mengenai cara merawat jas yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari guyuran air hujan.

Tidak sedikit yang setelah hujan-hujanan, dibiarkan kering, dirapikan kembali, bahkan disimpan untuk waktu yang lama. Padahal, cara tersebut berpotensi untuk mengurangi umur jas hujan itu sendiri. Agar jas hujan lebih tahan lama, berikut tips merawat jas hujan yang benar.

Sehabis Digunakan, Bersihkan Jas Hujan

Satu hal yang perlu Anda tahu adalah wajib untuk membersihkan jas hujan setelah digunakan. Sebab, saat berkendara di bawah guyuran hujan, Anda tak hanya berurusan dengan air hujan saja, tapi juga dengan lumpur atau pasir yang tercampur menjadi satu.

Sesaat setelah digunakan, Anda harus langsung membersihkannya dengan menggunakan air bersih. Namun, jika tidak ada air bersih, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kain sintetis. Meski terkesan sepele, namun kotoran yang terlanjur menempel pada jas hujan akan menyulitkan Anda saat hendak memakainya kembali. Selain itu, kotoran di jas hujan membuatnya terlihat lebih kusam.

Hindari Penggunaan Deterjen
Saat hendak mencuci jas hujan, sebaiknya hindari penggunaan deterjen. Sebab, bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam jas hujan berpotensi merusak kualitas bahan jas hujan itu sendiri.

Bilas dan cuci jas hujan menggunakan air bersih atau sabun cuci piring. Untuk jas hujan dengan bahan karet, cukup dibersihkan dengan air dan lap basah saja. Sebab, jas hujan berbahan dasar karet sejatinya lebih mudah untuk dibersihkan.

Hindari sinar matahari langsung
Setelah mencuci, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengeringkannya. Sebisa mungkin, hindarkan jas hujan yang sudah dicuci dari sinar matahari secara langsung. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kualitas bahan jas hujan agar tetap awet.

Nah, untuk mengeringkannya, Anda bisa menjemur jas hujan di tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung, dan cukup diangin-anginkan saja.

Simpan dengan benar
Lipat jas hujan dengan rapi dan simpan di dalam tas kecil yang mudah dibawa.
Namun, sebelum disimpan, pastikan jas hujan tersebut sudah benar-benar kering dan tidak ada lagi noda atau bercak yang menempel. Sebab, air yang mengering pada jas hujan akan membuat Anda kesulitan saat hendak menggunakannya.

Di musim hujan seperti sekarang ini, Anda bisa menyimpan jas hujan di bawah jok motor, box, atau bahkan disimpan dalam tas.

Dan jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, simpan ke dalam tas khusus dan letakkan di tempat yang aman dari gigitan tikus.

Dengan menerapkan tips di atas, jas hujan Anda akan lebih awet dan tahan lama. Selamat mencoba! (RAP/PS/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close