News

Cuaca Palembang Sangat Terik, Kenapa?

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Memasuki musim penghujan di wilayah Sumatera Selatan, cuaca Kota Palembang sangat terik dari hari-hari biasanya. Pada siang tadi, Kamis (7/11), suhu udara panas begitu dirasakan oleh masyarakat Kota Empek-Empek.

Hal itu pun terpantau dari sosial media banyak warga net yang tinggal di Kota Palembang berkomentar dengan status seruan “panas bedengkang”.

Warga Kota Palembang, Rendi (31), mengatakan bahwa kondisi cuaca sangat terik dirasakan hari ini. Dia menyebut, suhu panasnya memang terasa berbeda dari hari biasanya.

“Hari ini, Palembang memang terik, tapi dak tau juga kenapa. Padahal, kemarin sudah hujan tapi kok masih cuacanya panas bedengkang,” ujar dia di Palembang.

Sementara itu, Kepala Badan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kenten, Nuga Putranjito, menjelaskan terkait cuaca yang terik dari hari biasanya itu dikarenakan asalnya fenomena Tropical Siklon Nakri di Laut China Selatan. Karenanya itu, kata dia, menyebabkan konsentrasi uap air tersedot ke arah sana.

“Makanya kelembaban udara relatif rendah (kering) akibat dari fenomena ini, tidak ada tutupan awan khususnya di atas Sumatera Selatan, suhu udara di Stasiun Klimatologi Palembang pada pukul 15.00 WIB tercatat 36,8 derajat celcius,” jelasnya.

Menurut dia, posisi matahari di Selatan Equator pun menjadi indikator cuaca terik yang terjadi beberapa waktu terakhir yang mengakibatkan wilayah Selatan mendapatkan radiasi matahari lebih tinggi dari pada sebelah utara equator. “Pengaruh lainnya. posisi matahari dan tidak adanya tutupan awan, suhu udara meningkat, makanya terjadi panas yang cukup menyengat,” tambah dia.

Dia menambahkan, peristiwa itu akan meluruh seiring nanti hilangnya TC NAKRI di Laut China Selatan yang diperkirakan akan hilang pada 11 November 2019. “Seiring dengan hilangnya TC NAKRI itu diprediksi akan terjadi curah hujan yang cukup signifikan di wilayah Indonesia termasuk Sumatera Selatan. Jadi, perlu diwaspadai hujan lebat yang tiba-tiba disertai petir dan angin kencang,” tuturnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close