NasionalNews

Derry Sulaiman: Hate Speech Kepada Penista Agama Bukan Suatu Kesalahan

Oleh: Ahmad Z.R. |

Undang-Undang yang menjelaskan tentang penodaan agama telah diatur dalam Pasal 156 huruf a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

wartamelayu.com, Jakarta — Dukungan untuk musisi Ahmad Dhani terus mengalir. Salah satunya dari mantan musisi grup band Medina Derry Sulaiman.

“Jadi, kalau bicara salah itu relatif ya. Saya tahu betul maksud Mas Dhani menulis (tweet) itu apa. Dia jelaskan bahwa hate speech kepada penista agama bukan kesalahan. Yang salah itu ujaran kebencian kepada orang baik,” ujar Derry kepada Indonesiainside usai acara ‘Solidaritas Ahmad Dhani’ di DPP Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan.

Karena itu, ia menilai jika ucapan yang ditulis Dhani melalui akun twitternya sebagai perbuatan melawan hukum, seharusnya hal itu menjadi alasan pihak kepolisian untuk menangkap orang yang berkata lebih kasar dari Dhani bahkan ditujukan ke individu langsung.

“Tapi saya pikir, kalau semua dipenjara, bakal penuh ini penjara sama penista agama. Jumlahnya setiap minggu bakal bertambah karena dimana-dimana orang dengan mudah mencaci agama,” katanya.

Derry mengatakan bahwa ujian bagi orang beriman, kobaran api bukan dirasakan panas, melainkan seperti taman surga. Artinya, ia mengingatkan Dhani agar bersabar atas setiap ketetapan-Nya dan merenungi sejarah bahwa banyak para ulama, nabi termasuk tokoh bangsa Indonesia yang ditahan rezim karena menentang ketidakadilan dan kedzaliman.

“Tidak ada hubunganya antara tempat mewah dan penjara. Kalau sudah iman, maka aman. Bagi saya ini merupakan ketetapan Allah yang harus Mas Dhani jalani. Berjuang harus siap, apalagi berhadapan dengan penguasa. Mas Dhani sudah sangat siap menerima apapun keputusan hakim. Dia telah menunjukkan kepada kita di jalan yang benar dan semoga Allah balas segala yang dia korbankan,” ujar Derry.

Dalam kesempatan sama, istri Ahmad Dhani, Mulan Jameela menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu, mensupport dan mendoakan kebaikan untuk suaminya.

“Sebagai istri, tugas saya hanya berdoa, berdoa dan berdoa. Memberi support yang paling baik. Dan kepada yang tidak hadir terima kasih atas support-nya. Jazakallah khairan katsira (semoga Allah membalas dengan kebaikan berlipat ganda). Dan yang pasti, perjuangan kita belum berhenti,” ucapnya.

Ahmad Dhani resmi ditahan di LP Cipinang, Jakarta Timur, setelah Majelis Hakim PN Jakarta Selatan memvonisnya 1,5 tahun penjara, Senin (28/1). Ahmad Dhani dinyatakan terbukti bersalah dalam kasus ujaran kebencian dengan 3 cuitan di akun Twitter Ahmad Dhani, @ahmaddhaniprast. Cuitan ini diunggah admin Twitter Ahmad Dhani, Bimo.

Sejak ditahan, simpati danbdukungan terus mengalir untuk Ahmad Dhani. Ia juga tak henti-hentinya menerima kunjungan tamu termasuk keluarga dan orang-orang dekatnya. (TA)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close