Ekonomi

Dibanding Malaysia, Potensi Pertumbuhan Syariah RI Lebih Besar

Oleh: Ahmad ZR

Wartamelayu.com, Jakarta — Islam merupakan salah satu agama yang berkembang cukup pesat di negeri Paman Sam. Hal tersebut tampak pada meningkatnya pemeluk Islam setiap tahunnya di Amerika Serikat (AS).

Kedamaian Islam dan keramahan muslim (moslem friendly) membuat warga Amerika banyak mengenal ajaran Islam, terutama dalam ruang lingkup syariah. Prinsip syariah dalam berbagai aspek dinilai mampu menjadi solusi.

Hal itu diakui putra bangsa asal Lamongan yang menetap lama di AS, Hartadinata Harianto. Dalam konteks syariah, kata dia, masyarakat Amerika secara umum semakin terbuka untuk mengetahui Islam.

Baca Juga

Sumsel Buka Peluang Kerja Sama Keuangan Syariah dengan BSM

Aset Ekonomi Syariah Indonesia Tumbuh 11 Persen pada 2018

“Perkembangan syariah di Amerika yang kita lihat ini bukan hanya diterima, tapi diapresiasi karena adanya keterbukaan di media sosial, terutama the win-win principles (prinsip saling menguntungkan) sangat menarik,” kata salah satu pendiri Syariah Indonesia LLC, Hartadinata Harianto saat ditemui di bilangan Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (7/9).

Melalui keterbukaan di sosial media, stigmatisasi dan labelisasi negatif terhadap Islam di AS juga terbantah. Bahkan, asas-asas fundamental dalam nilai syariah sangat berkembang signifikan.

“Nah, sebagai orang Indonesia saya ingin Indonesia maju melalui nilai-nilai syariah dalam berbagai sektor seperti properti syariah, healthcare syariah (rumah sakit dan klinik), halal tourism (haji dan umroh), dan agro bisnis,” ujarnya.

Ia mengakui perkembangan syariah lebih pesat di Malaysia ketimbang di Indonesia. Padahal, potensi pertumbuhan syariah di Indonesia 10 kali lipat dibandingkan Malaysia.

“Karena itu tidak heran orang Amerika melihat peluang di Malaysia lebih besar dari Indonesia. Maka, dengan syariah ini kita harap potensi tersebut tumbuh di Indonesia,” katanya.

Syariah Indonesia LLC, katanya, akan memberikan layanan pembiayaan syariah terbaik dan terbesar sebagai media sharing ekonomi untuk mencapai kesejahteraan bersama. Juga memberikan akses yang mudah untuk pembiayaan bagi pemilik usaha, baik pemula maupun yang sudah berjalan dengan aqad mudarabah.

“Kita ingin menggunakan filosofi syariah dan memberikan manfaat yang optimal bagi pemegang saham dan masyarakat,” ujarnya.

Ia juga yakin Syariah Indonesia LLC mampu menerapkan manajemen syariah dengan inovatif dan modern dengan skala Internasional. “Tahun ini kami menargetkan pembangunan properti syariah dengan merealisasikan beberapa proyek-proyek perumahan di beberapa daerah di Indonesia,” katanya.

Sementara, pada bidang halal tourism, haji dan umrah, ia menargetkan dapat segera merealisasikan dan memberikan peluang kerjasama dengan beberapa travel agent yang ternama dan terdaftar di pemerintah. “Kami punya rencana ke depan menyiapkan dana talangan bagi calon jama’ah yang memiliki kendala dalam pembiayaan admistrasi,” katanya. (Rap/Aza/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close