Nusantara

Diguyur Hujan, Kualitas Udara Palembang Tetap Tidak Sehat

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Sebagian wilayah Sumatera Selatan diguyur hujan siang tadi, Rabu (13/11). Sayangnya, kondisi itu tidak membuat kualitas udara di Kota Palembang membaik setelah diguyur hujan, karena pada petang ini tetap berada di kategori tidak sehat.

Hal itu dibenarkan Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan, Ansori di Palembang. Dia menyebut, data itu berdasarkan laporan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumatera Selatan dari alat Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) yakni Air Quality Monitoring System (AQMS).

“Sore ini, ISPU di Kota Palembang berada level tidak sehat dikisaran angka 133 mikrogram per meter kubik. Itu (kualitas udara tidak sehat) akumulasi selama 24 jam terakhir,” ujar Ansori saat dihubungi.

Di sisi lain, ia menjelaskan, hujan yang mengguyur sebagian wilayah Ogan Komering Ilir (OKI) membuat api kebakaran lahan mulai padam. “Alhamdulillah, hari ini hujannya banyak. Api juga sudah ada yang padam walaupun hujan di wilayah OKI tidak banyak, belum merata. Semoga hujan akan terus mengguyur wilayah OKI dengan tempo lama sampai sebarannya merata dan kebakaran lahan di sana bisa padam total,” kata Ansori.

Hingga kini, kata Ansori, satuan tugas (satgas) kebakaran hutan dan lahan gabungan di lapangan tetap siaga. Menurut dia, karena sifat api di lahan gambut cukup sulit untuk diprediksi kemunculannya.

Terpisah, Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sumatera Selatan, Bambang Beny Setiaji, menjelaskan adanya sirkulasi Kalimantan membuat massa udara dari Laut Cina Selatan dan Laut Jawa masuk ke wilayah Sumatera Selatan Sumsel. “Ya, karena itulah ada pertumbuhan awan hujan,” ucap dia.

“Hujan juga mengguyur sebagian Kabupaten Ogan Ilir, Banyuasin, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, OKU Timur, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), dan Lahat,” tuturnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close