Tekno

Ditendang Google, Huawei akan Luncurkan HongMeng OS

Oleh : Eko P |

Wartamelayu.com, Jakarta Setelah ditendang Google dari aplikasi android buatannya,karena dampak sanksi yang ditetapkan Amerika dan sekutunya. Raksasa teknologi asal Cina, Huawei, disebut akan meluncurkan software buatannya sendiri.

HongMeng OS buatan Huawei akan dirilis sekitar bulan Oktober mendatang, seperti diberitakan GSM Arena,Sabtu(15/6). Tak tanggung-tanggung, Huawei pun berencana menyebarkan 1 juta perangkat untuk menguji OS buatannya ke berbagai negara.

Upaya ini dilakukan oleh Huawei untuk mempopulerkan sistem operasi buatannya sendiri tersebut sesegera mungkin.

Huawei HongMeng OS juga sudah dicatatkan dalam World Intellectual Property Organization (WIPO) Global Brand Database. Software ini juga telah terdaftar di sejumlah negara.

Software ini akan tersedia di Australia dan Uni Eropa, Kanada, Kamboja, Indonesia, India, Meksiko, Spanyol, Swiss dan Thailand.

Merek dagang HongMeng juga sudah disetujui oleh Chinese National Intellectual Property Administration (CNIPA) bulan lalu.

Merujuk keterangan CNIPA seperti dilansir GSM Arena, HongMeng OS akan terpasang untuk berbagai perangkat Huawei. Bukan hanya ponsel dan tablet tapi juga PC serta aneka produk gadget lainnya.

Huawei pun menyadari melalui sistem buatan sendiri, mereka nantinya akan berhadapan langsung dengan pemain mapan lainnya seperti Android milik Google dan juga IOS besutan Apple.

Nah, pengguna gadget tentunya penasaran, bagaimana produsen asal Tiongkok ini mengantisipasi tersedianya beragam aplikasi macam Google Play dan Play Store layaknya dua raksasa asal Amerika itu?

Nah, Huawei telah bersiap diri akan hal itu. Nyatanya, raksasa TI asal Cina itu telah merangkul Aptiode. Kabarnya, Aptiode siap menyuplai 900 ribu portofolio aplikasi yang nantinya akan menggantikan peran Google Play.

Huawei juga memiliki marketplace yang bernama App Gallery. Kini, tinggal kita tunggu saja, seperti apa rasa software buatan produsen negeri panda ini. (RAP/EPJ/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close