Khazanah

Doa Berlindung dari Kejahatan Makhluk

Oleh: Herry M Joesoef

Wartamelayu.com, Jakarta — Beragam bentuk kejahatan setiap saat mengintai seseorang. Kejahatan tersebut bisa berasal dari manusia maupun jin. Karena itu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menganjurkan umatnya agar meminta perlindungan langsung dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dinarasikan oleh Khaulah binti Hakim, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Barang siapa singgah di suatu tempat lalu membaca (kalimat ini), maka dia tidak akan terkena bahaya apa pun hingga dirinya meninggalkan tempat tersebut.” (HR. Imam Ahmad)

Adapun yang dimaksud dengan hadits tersebut adalah doa berikut ini:

اُعِيْذُبِكَلِمَاتِ اللّٰهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ
(U’iidzu Bikalimaatillaahit Taammati Min Kulli Syaithaanin Wa Haammatin Wa Min Kulli ‘Ainin Laammatin)

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari segala setan, binatang (buas/melata/berbisa), dan semua pandangan yang jahat.” (HR. Imam Muslim)

Abu Hurairah pernah berkisah, bahwa seseorang mendatangi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, seraya mengadu, “Ya Rasulullah, tadi malam aku disengat kalajengking.” Lalu Rasulullah bersabda, “Jika di sore hari engkau mengucapkan, A’udzu bi kalimatillah at-tammah min Syarri ma khalaq, niscaya tidak akan membahayakanmu,” (HR Imam Muslim)

Itulah doa ajaran Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam menghadapi berbagai kejahatan yang datangnya dari makhluk, baik dari kalangan manusia, jin, maupun binatang. Untuk urusan yang berkaitan dengan makhluk halus, ketika kita memasuki suatu tempat, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam membaca doa Ta’awudz (bacaan yang digunakan untuk tujuan memohon perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dari godaan Setan. Selain untuk ketika kita memasuki ruangan atau daerah baru, doa berikut acap dibaca hendak membaca kitab suci Al-Quran. Inilah doa yang dimaksud:

أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِِْ
(Audzubillah Himinas Syaiton Nirojim)

: “Aku berlindung kepada Allah dari syaithan yang terkutuk”

Itulah doa-doa ajaran Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk melindungi diri dari kejahatan makhluk. (RAP/HMJ/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close