Nasional

Dua Jamaah Haji Indonesia Dipstikan Terinfeksi Flu Babi

Oleh: Anisa Tri K

Wartamelayu.com, Jakarta – Kemenkes mengkonfirmasi kebenaran berita terkait salah satu jamaah haji yang diduga terinfeksi virus H1N1 atau penyebab flu babi. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Anung Sugihantono, M.Kes mengungkapkan pihaknya menerima laporan jika ada dua jamaah haji yang terinfeksi virus H1N1.

Satu jamaah diketahui berasal dari Banjarmasin, kondisinya saat ini telah berangsur pulih. Sedangkan jamaah yang berasal dari Lampung, dikabarkan telah meninggal dunia.

“Kewaspadaan terus kita tingkatkan. Kami dari pemerintah tetap memperhatikan prinsip kewaspadaan dan memberikan pemantauan yang kontinyu,” ungkapnya saat ditemui di kantor Kementrian Kesehatan pada Jumat (6/9).

Anung menjelaskan, jika penularan virus H1N1 bisa terjadi bukan hanya dari hewan ke manusia, namun juga dari manusia ke manusia. Hal ini diakatakannya bisa terjadi karena dalam proses ibadah haji, terdapat banyak orang dari berbagai negara. Maka tidak menutup kemungkinan risiko penularan mudah terjadi.

Kementrian kesehatan sendiri terus melakukan himbauan dengan menggalakan upaya pencegahan, seperti rajin menjaga kebersihan diri juga memakai penutup mulut saat berada di luar ruangan. (RAP/PS/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close