NewsNusantara

Dua Minggu, Terjadi Empat Kali Kebakaran Hutan di Sumsel

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Kebakatan hutan dan lahan (karhutla) mulai melanda Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Dalam dua pekan terakhir ini, setidaknya telah terjadi empat kebakaran hutan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel, Iriansyah, mengatakan ada empat kejadian kebakaran hutan dalam dua pekan terakhir. Untuk mengantisipasi agar tak terjadi kembali, apel pasukan Satuan Petugas (Satgas) Karhutla rencana akan dilakukan pada 10 Juli 2019.

“Titik kebakaran hanya ada 4 titik sejauh ini,” ujar Iriansyah di Palembang, Rabu (3/7).

Baca Juga

Gubernur Sumsel Bilang Hujan Buatan Atasi Karhutla Belum Diperlukan

Bantuan 1.512 Personel Karhutla Segera Tiba di Sumsel

Dia menjelaskan, jumlah hotspot atau titik panas di Sumsel terus mengalami peningkatan. Namun titik panas yang terdeteksi tidak seluruhnya menimbulkan firespot.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga telah mengusulkan bantuan ke Pusat untuk mengirimkan pesawat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) guna menciptakan hujan buatan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan di Sumsel. “Tapi hingga kini masih dalam proses. Itu kewenangan pemerintah pusat melalui BNPB dan BPPT,” katanya.

Ia mengatakan, untuk proses pencegahan Karhutla saat ini terus dilakukan tim Satgas Karhutla. Mulai dari sosialisasi, pendidikan, pelatihan, serta dukungan pasukan dari Pemerintah Pusat juga bakal dikerahkan.

“Ya, dari Pemerintah Pusat akan ada penempatan pasukan di titik rawan. Kalau untuk di Sumsel, ada 4 daerah yang harus diwaspadai, yakni Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir (OI), Musi Banyuasin (Muba), dan Banyuasin,” tuturnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close