Lifestyle

Facebook Hapus Sejumlah Akun Mencurigakan di Myanmar

Oleh: Anisa Tri K

Wartamelayu.com, Jakarta Facebook mengakui jika pihaknya saat ini telah menutup sejumlah akun, grup dan halaman di jejaring sosialnya di Myanmar karena terindikasi adanya aktivitas mencurigakan.

Mengutip keterangan resmi Facebook Newsroom, Jumat (23/8), secara akumulatif, perusahaan rintisan Marck Zuckerberg ini telah menutup 89 akun, 107 halaman dan 15 grup di Facebook, serta lima akun di Instagram. Beberapa di antaranya memiliki puluhan dan ratusan ribu pengikut.

“Orang-orang di balik aktivitas ini menggunakan akun palsu. Beberapa di antaranya telah dinonaktifkan oleh sistem otomatis kami untuk mempromosikan konten mereka, meningkatkan keterlibatan, dan mengelola Grup dan Halaman,” ujar Nathaniel Gleicher, Kepala Kebijakan Kemanan Siber.

Penyelidikan Facebook menunjukkan, jika beberapa aktivitas ini memiliki hubungan dengan orang-orang yang terkait dengan militer Myanmar. Mereka berusaha menyembunyikan identitas dengan menggunakan akun-akun palsu dan menggungah konten dan artikel seputar isu nasional dan lokal, termasuk kejahatan, hubungan etnis, selebritas, dan militer.

Facebook menyebut perusahaan akan terus melakukan upaya untuk mengatasi ujaran kebencian dan misinformasi, termasuk membuat alat dan teknologi yang lebih baik. Selain itu, perusahaan juga tengah mengantisipasi Pemilu Amerika Serikat pada 2020 mendatang. (Rap/*/dry/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close