Nasional

Fahri Hamzah: Aparat Jangan Pukuli, tapi Lindungi Jurnalis

Oleh: Rudi Hasan

Wartamelayu.com, Jakarta – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyesalkan peristiwa pemukulan pada jurnalis oleh aparat kepolisian. Menurut dia, salah satu tugas aparat adalah melindungi jurnalis.

“Pihak keamanan kalau melihat wartawan udah pakai itu (id) kami jurnalis, itu dia harus menghindari, bahkan dia harus melindungi, kalau jurnalisnya diserang itu aparat harus melindungi jurnalis,” kata Fahri di Jakarta, Jumat, (27/9).

Menurutnya hal ini penting karena jurnalis tak boleh terganggu saat mencari informasi. Apalagi di tengah konflik seperti itu.

“Jurnalis menceritakan apa yang sebenarnya terjadi. Jangan sampai jurnalis mengalami kekerasa akhirnya dia sebel,” kata dia.

Saat ini, polisi akhirnya menjadi musuh bersama. Fahri menyebut harusnya hal itu tak terjadi. Ke depan, polisi harus menaati prinsip tersebut.

“Karena itu berkoordinasi, bahwa kalau wartawan bilang saya jurnalis sudah lindungi, bukan malah kemudian dihajar, ga bener itu,” kata dia.

Namun Fahri juga mengimbau jurnalis tampil dengan identitas. Jangan sampai lupa membawa id card supaya mudah dikenali.

“Soalnya suka ada yang kadang-kadang ngaku jurnalis tapi menjadi provokator, itu juga kita perlu hindari,” kata dia. (RAP/PS/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close