Nasional

Firli Bahuri Pastikan Situasi di Sumsel Jelang Pelantikan Presiden Aman

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Selatan, Irjen Pol Firli Bahuri, menegaskan bahwa situasi di wilayahnya jelan pelantikan Presiden Joko Widodo alias Jokowi pada 20 Oktober 2019 akan berjalan aman.

“Hari ini, saya dan Pangdam melakukan pengecekan dalam aktifitas pelayanan masyarakat menjeleng pelantikan presiden. Kita selaku aparat keamanan meminta tidak ada aktifitas yang akan menggangu jalannya pelantikan,” ujar Firli seusai apel kesiapan pasukan jelang pelantikan presiden di halaman Mapolda Sumsel, Rabu (16/10).

Dalam pengamanan wilayah Sumatera Selatan, kata Firli, jumlah personel yang diturunkan 884 personel gabungan baik dari TNI dan Polri. Dia menyebut, mereka akan disebar diberbagai titik untuk mengamankan berbagai objek vital dan tempat-tempat penting lainnya.

“Ya, antisipasi pengamanan merupakan hal utama bagi setiap petugas keamanan. Pastikan anggota tahu apa tugasnya, saya tidak ingin ada yang tidak mengerti apa yang harus dilakukan,” ungkap dia.

Dia pun menambahkan, personel yang diturunkan sesuai dengan kebutuhan Sumatera Selatan guna memastikan keadaan aman dan kondusif. Pihaknya pun tak ingin ada aksi unjuk rasa yang mengacaukan kondisi negara.

“Kekuatan personil disesuaikan dengan kebutuhan. Sumatera Selatan dalam keadaan aman dan kondusif. Kita tidak mau ada aktifitas ekonomi, keamanan yang terganggu,” ucap Firli.

Sementara itu, Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI, Irwan, menambahkan bahwa situasi terkini di bawah wilayah Kodam II Sriwijaya dalam keadaan aman. Dia menyebut, pihaknya sudah menurunkan personel sesuai permintaan Polda Sumatera Selatan guna bersama menjaga stabilitas keamanan wilayah itu.

“Semua pasukan sudah siap. Pelantikan itu adalah rangkaian pemilu dari sistem demokrasi. Mari kita jaga,” tutur dia. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close