NewsPilpres 2019

Gedung Mahkamah Konstitusi Dijaga Ketat Aparat

Oleh: Muhajir |

Wartamelayu.com, Jakarta – Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat dijaga super ketat aparat keamanan menjelang pembacaan putusan akhir perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU). Berdasarkan jadwal yang dipublikasikan, sidang pembacaan putusan dilaksanakan pada pukul 12.30 WIB.

Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Harry Kurniawan mengatakan, sebanyak 13.746 personel untuk mengawal sidang MK. Personel dari TNI juga turut diturunkan.

Aparat keamanan dilengkapi pelontar gas air mata dan membawa senapan jenis Steyr. Mobil barracuda dan penyemprot air disiagakan dekat Gedung MK.

Aparat ditugaskan di berbagai titik, ada yang berada di dalam dan di luar Gedung MK. Mereka juga ditempatkan disekitar Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat, tempat masyarakat berkumpul.

Puluhan tameng ditaruh berjajar di sekitar Gedung MK, siap dipakai jika diperlukan. Depan Gedung MK juga dipasangi beton dan pagar berduri.

Jalan Medan Merdeka Barat juga ditutup kedua arah. Baik dari Patung Kuda menuju Harmoni mau pun sebaliknya. Tidak sembarang orang bisa memasuki Gedung MK. Pemeriksaan dilakukan oleh petugas yang berjaga.

Terkait hal ini, Kepolisian Daerah Metro Jaya telah menyiapkan rencana pengalihan arus kendaraan pada saat sidang putusan. Rencana awal pengalihan arus terutama mengantisipasi adanya aksi massa dan saat putusan sengketa pemilu yakni:

Arus dari Jalan MH Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke kiri maupun kanan ke Jalan Kebon Sirih. Arus dari Jalan Fachrudin menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan Jalan Abdul Muis yang akan menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin.

Kemudian, arus dari Jalan Abdul Muis yang akan menuju ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit atau Jalan Fachrudin. Lalu arus dari Jalan Hayam Wuruk yang akan menuju Jalan Majapahit dialihkan ke Jalan Ir. H. Juanda.

Arus dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun ke kanan Jalan Hayam Wuruk.

Arus dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran III diluruskan ke arah TL Harmoni. Lalu arus dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke arah kanan Jalan Perwira.

Terakhir, arus lalu lintas dari Jalan M. Ridwan Rais yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur. (RAP/EPJ/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close