Tekno

Google Pixel 4 Bisa Deteksi Wajah Meski saat Mata Terpejam

Oleh: Anisa Tri K

Wartamelayu.com, Jakarta – Google memperkenalkan ponsel terbarunya, Pixel 4 pada Selasa (15/10). Google berbicara tentang langkah – langkah privasi dan keamanan seperti kemampuan untuk mengelola data aktivitas pada perangkat. Namun, pada saat menjelaskan fitur keamanan bagi pengguna, Google Pixel 4 membuat semua orang terkejut. Pasalnya, fitur Face Unlock dapat berfungsi bahkan saat mata Anda tertutup.

Google sendiri mengkonfirmasi hal tersebut. Dalam situsnya, tertulis, “Ponsel Anda dapat dibuka oleh orang lain jika itu menempel di wajah Anda, bahkan jika mata Anda tertutup,”

Hal ini bukan tanpa risiko, seseorang dapat membuka telepon Anda ketika Anda tidur. Lebih buruk lagi,  Google memangkas pemindai sidik jari pada Pixel 4 , jadi Face Unlock adalah satu-satunya bentuk pertahanan biometrik pada ponsel terbaru mereka.

“Sangat aneh bahwa Pixel tidak menggunakan biometrik sidik jari lagi, yang kemungkinan lebih aman daripada implementasi pengenalan wajah mereka saat ini,” ujar peretas ‘kerah putih’ John Opdenakker seperti dilansir the Verge, Minggu (20/10).

John mengingatkan, jika sebuah ponsel dapat dibuka kuncinya walaupun dengan mata tertutup, tentunya akan menimbulkan kecurigaan mengenai kelemahan sistem pada implementasi pengenalan wajah.

Pengenalan wajah bukanlah hal baru dalam teknologi. iPhone sudah dapat melakukan ini sejak 2017 lalu, namun ada kelemahan yang cukup krusial. Yakni, teknologi pengenalan wajah dinilai buruk dalam mendeteksi orang dengan kulit gelap. Teknologi ini sering salah mengidentifikasi mereka, atau tidak mendeteksinya sama sekali.

Hal ini dinilai bertentangan dengan promosi mereka yang menggaungkan kampanye Pixel yang bertema, “Kami melihatmu , dan telepon ini dibuat untukmu!” (Rap/*/Dry/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close