News

Gubernur Segera Kumpulkan Bupati dan Wali Kota di Sumsel, Buat Apa Ya?

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Jakarta — Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru akan mengumpulkan bupati dan wali kota di Sumsel. Rencana ini segera dilakukan menyusul Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel beserta pemerintah daerah kabupaten dan kota tidak boleh kaku dalam hal penanganan sampah di daerahnya.

“Kita akan panggil segera bupati dan wali kota sepulang dari sini (Jakarta) kira-kira industri apa yang bisa mendaur ulang sampah,” ujar Gubernur Sumsel melalui pesan rilis yang diterima wartamelayu.com, Selasa (16/7) malam.

Dia menjelaskan, kehadiran ia ke Jakarta untuk menghadiri rapat terbatas (ratas) bersama Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka Perkembangan Pembangunan Tenaga Listrik Sampah (PLTSa).

Baca Juga

Pengelolaan Sampah di Palembang Terkendala Lahan

Palembang, Penghasil Sampah Terbanyak di Sumsel

Menurutnya, tidak boleh merubah esensi untuk memusnahkan sampah dan bukan hanya fokus pada pembuatan pembangkit energi listrik.

“Jadi jangan berubah esensi. Esensinya ini adalah untuk memusnahkan sampah. Terpikir saya segera memanfaatkan sampah ini bukan hanya Palembang tapi semua kabupaten dan kota, kita gerakan supaya agar tidak selalu membebaskan lahan untuk pembuangan sampah,” kata dia.

Soal perjanjian dengan investor yang bergerak dalam bidang energi di Sumsel, kata dia, hingga kini tetap terus berjalan namun juga harus beriringan dengan inovasi permusnahan sampah yang dilakukan secara berkelanjutan dan ramah lingkungan.

“Berkenaan dengan investor energi tetap terus berjalan, tapi pemusnahan sampah juga tidak boleh di rem,” ucap dia.

Dalam ratas itu, lanjut dia, PLTSa bukan berorientasi pada bisnis tapi pemusnahan sampah dengan cara berkelanjutan dan ramah lingkungan melalui pembuatan inovasi. “Ya, seperti yang telah digalakan di Kota Surabaya, Bekasi, dan Solo, Jawa Tengah,” tuturnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close