Humaniora

Guru Bakal Dilarang Main Ponsel dalam Kelas

Oleh: Rizki Daniarto

Wartamelayu.com, Bondowoso – Dalam waktu dekat, semua guru di Bondowoso akan dilarang menggunakan atau main telepon seluler (Ponsel) di dalam kelas. Aturan ini akan diterapkan dalam waktu dekat di Bondowoso.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Bondowoso akan menerbitkan surat edaran berisi larangan guru yang bermain HP khususnya di depan para peserta didik.

Salah satu alasan diterbitkannya surat edaran tersebut karena mengganggu proses belajar mengajar. Selain itu, memberi teladan kepada siswa untuk lebih bijak dalam menggunakan HP.

“Sampai saat ini masih banyak guru yang main HP saat mengajar di kelas. Oleh karenanya, kami akan bersurat terkait larangan bermain HP saat proses belajar mengajar,” kata Kepala Dispendikbud Bondowoso, Harimas, Senin (29/7).

Surat edaran akan ditujukan kepada seluruh pengawas, kepala sekolah, dan guru di Bondowoso. Kata Harimas, akan ada sanksi bagi mereka yang tidak mematuhi surat edaran tersebut. “Awalnya kami beri sanksi teguran. Jika tetap melanggar, kami akan mutasi yang bersangkutan,” ujarnya.

Saat dikonfirmasi terkait sekolah yang mewajibkan siswanya menggunakan HP untuk kepentingan pembelajaran, Harimas mengatakan, senyampang HP digunakan sesuai dengan kebutuhan, maka sah-sah saja.

“Silakan. Yang penting kita bisa membagi waktu dan kepentingan. Jika memang dibutuhkan,” tegasnya.

Sebelumnya, Forum Bunda PAUD bersama Dispendikbud Bondowoso mencanangkan Gerakan Nasional Membacakan Buku (Gernas Baku) kepada anak. Gerakan ini bertujuan untuk menanamkan sejak dini kegemaran membaca buku. Saat ini perlahan mulai tergeser dengan keberadaan HP.

Dispendikbud akhirnya berinisiatif menerbitkan surat edaran tentang larangan bermain HP, khususnya terhadap guru saat proses belajar mengajar berlangsung. (Rap/Aza/Riz/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close