EkonomiNusantaraRamadhan Kita

Harga Cabai hingga Daging Melonjak Tajam Jelang Lebaran

Oleh: Alwi Alim

Wartamelayu.com, Palembang — Menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H, sejumlah komoditas melonjak tajam. Hal ini terlihat di pasar tradisional di Kota Palembang.

Berdasarkan pantauan, kenaikan terjadi untuk komoditas Cabai dari semula Rp 20 ribu menjadi Rp 60 ribu perkilogram, daging ayam dari semula Rp 28 ribu menjadi Rp 40 ribu perkilogram dan daging sapi dari semula Rp 120 ribu menjadi Rp 140 ribu per kilogram.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Sumsel, Yustianus mengakui beberapa komoditas terjadi kenaikan jelang lebaran ini. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan sehingga harga pun tentu akan meningkat.

Meskipun begitu, ia mengaku pasokan komoditi tersebut tetap aman dan tidak ada permasalahan dalamm distribusinya.

“Harga ini baru akan kembali normal setelah lebaran mendatang,” katanya saat dihubungi, Senin (3/6).

Ia mengaku kenaikan harga saat ini masih dapat ditolerir. Karena memang mekanisme dalam sebuah pasar. Meskipun begitu, jangan sampai merugikan pedagang apalagi memberatkan konsumen.

“Kami harap kenaikan ini tidak merugikan keduanya,” kata dia.

Sementara itu, Inspektur Jenderal Perdagangan, Srie Agustina menambahkan berdasarkan pantauan, kenaikan rata-rata mencapai 15 persen. Namun, ini masih tergolong wajar. Mengingat, di pasar tradisional terjadi tawar menawar antar pedagang dan konsumen.

“Kenaikan ini akibat mekanisme pasar bukan dikarenakan spekulan di dalamnya,” tuturnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close