EkonomiNusantara

Hotel dan Restoran di Palembang Dipasang Alat Pemantau Pajak Online

 

Oleh: Alwi Alim

Wartamelayu.com, Palembang — Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus berupaya untuk meningkatkan pendapatan dari sektor pajak. Tak tanggung-tanggung, Pemkot Palembang segera memasang 128 Alat Pemantau Pajak Online di restoran dan hotel di Kota Palembang.

“Hal ini tujuannya untuk memantau dan merekam transaksi pembayaran di kasir tempat tempat hiburan, rumah makan dan hotel yang ada di Palembang,” kata Kabid Pajak Daerah Lainnya, Agung Nugraha saat ditemui, Jumat (28/6).

Dikatakannya, pemasangan ini dilakukan oleh lima tim dari BPPD dan dibantu oleh pihak vendor serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palembang.

Ia mengaku, sejauh ini pihaknya telah memasang alat pemantau pajak online (e-tax) sebanyak 272 di 4 jenis objek pajak daerah diantaranya : hotel, restoran, hiburan, dan parkir.

Baca Juga

UMKM Bakal Ambil Bagian Dalam MXGP 2019

Bantuan 1.512 Personel Karhutla Segera Tiba di Sumsel

“Target kami tahun ini sebnyak 1.000 alat e-tax dapat terpasang,” ujarnya.

Untuk objek pajak yang proses transaksinya manual, nantinya akan berikan alat tablet dan alat printernya untuk merekam setiap transaksi. Ditambahkannya, alat ini nantinya dapat merekam per transaksi. Sehingga akan didapatkan data yang valid per hari hingga per bulannya.

“Nominal pajaknya real karena transaksinya valid,” kata dia.

Setelah dipasang, pihaknya akan melakukan pengawasan untuk memantau apakah alat tersebut benar benar digunakan atau tidak. “Wajib Pajak tidak bisa main main sengaja tidak menggunakan alat ini. Karena pasti akan ketauan oleh kami,” kata dia.

Dengan dipasangnya alat ini harapan pihaknya bisa meningkatkan pendapatan dari sektor pajak. “Ini salah satu dari beberapa upaya kita untuk meningkatkan pendapatan pajak daerah,” katanya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close