Tips-tips

Ingin Hidup Hemat di ‘Tanggal Tua’? Begini Caranya

Oleh: Anisa Tri K

Wartamelayu.com, Jakarta – Semakin hari, harga kebutuhan hidup seperti kebutuhan pokok dan transportasi terus meningkat. Agar kebutuhan tetap terpenuhi tanpa harus meninggalkan hutang di bank, berikut 5 tips menghemat uang agar cukup hingga tanggal gajian tiba. Seperti dilansir dari eternityfs.

1. Buat Daftar Menu Makanan dari Flyer Pasar Swalayan

Jika biasanya Anda mempersiapkan menu makanan hari ini berdasarkan buku masak, kali ini cobalah untuk merencanakan menu makanan Anda dengan cara kreatif yang bisa menghemat isi dompet Anda.

Cari flyer dari pasar swalayan terdekat, cermati bahan pokok yang sedang memberikan diskon besar. Selanjutnya, rencanakan menu makanan Anda hari ini berdasarkan bahan-bahan tersebut. Dengan cara ini, Anda bisa membuat penghematan yang cukup besar dalam kebutuhan pokok sehari-hari.

2. Lakukan Perbandingan Harga

Sebagian dari Anda, biasanya berbelanja hanya di toko langganan. Padahal, bisa saja toko lain menawarkan harga yang lebih murah. Ada cara sederhana untuk menemukan harga terbaik. Buat list belanja barang-barang yang sering Anda beli, kemudian cek perbandingan harganya di beberapa toko. Jika ada beberapa toko yang menawarkan diskon, tentu akan membuat pengeluaran biaya belanja Anda jadi lebih hemat.

3. Memasak Makanan Sendiri

Tagihan biaya restoran tentunya cukup menguras isi dompet. Untuk menghemat, memasak makanan sendiri tentu akan jauh lebih hemat. Plus, membuat makanan Anda sendiri cenderung lebih sehat daripada makan di luar. Anda juga bisa membuat camilan sendiri untuk konsumsi pribadi, selain bebas penagwet, memasak bersama keluarga juga bisa menumbuhkan kerja sama dan kedekatan antara anggota keluarga.

4. Jangan Berbelanja Untuk Menghilangkan Stres

Tidak jarang kita jumpai, ketika penat dengan pekerjaan, kita menjadi jauh lebih konsumtif. Membelanjakan uang untuk membeli barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Sejatinya, cara ampuh untuk mengembalikan tubuh dan pikiran segar kembali adalah dengan membiasakan diri menjalani ritme hidup sehat. Daripada membelanjakan uang untuk melampiaskan stress, Anda bisa melakukan olahraga yoga atau bermeditasi yang tidak hanya berguna bagi kesehatan, cara ini juga tentunya sangat menghemat pengeluaran Anda.

5. Lakukan Rekreasi Hemat Biaya

Merupakan hal yang sangat mudah untuk membelanjakan dan menghabiskan uang. Jika teman Anda memesan makanan, atau membeli barang yang juga menjadi incaran Anda selama ini, Anda dihadapkan pada dua opsional, tertarik ingin membeli juga atau menahan diri dengan menundanya terlelbih dahulu.

Dalam bersosialisasi, menghabiskan waktu bersama tidak harus selalu pergi ke tempat mewah atau mahal. Carilah kegiatan murah atau gratis seperti Museum atau taman. Bawa sendiri makanan Anda, dan biarkan teman-teman Anda saling mencicipi masakan satu sama lain.

Berhemat, bukan berarti membuat Anda sama sekali tidak membeli atau membelanjakan apapun. Cermat dalam memenuhi kebutuhan dari pada keinginan, menjadi alternatif untuk membuat hidup Anda tetap sehat dan bahagia tanpa harus menumpuk biaya tagihan.

Selamat berhemat!

(RAP/PS/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close