Internasional

Ini Alasan Kenapa Taksi di New York Berwarna Kuning

Oleh: Icheiko Ramadhanty

Wartamelayu.com, New York – Setiap tahun, jutaan turis berdatangan ke Kota New York, AS, untuk berlibur dan menikmati keindahannya. Kota yang dijuluki ‘The City of Dreams’ atau ‘The City that Never Sleeps’ ini memang menyuguhkan panorama gedung-gedung tinggi beserta kemewahan sendiri, termasuk soal cerita taksi kuningnya.

Dikutip dari East News, dulu taksi-taksi di Amerika tidak ada yang berwarna kuning. Tetapi pada 1907, ada pengusaha bernama Harry Allen membeli mobil-mobil berwarna merah dan hijau di Prancis dan mengirimkannya ke New York.

Allen harus bersaing dengan banyak perusahaan taksi lainnya yang bermunculan. Para pemiliknya pun mengecat taksi mereka dengan warna yang berbeda-beda. Para pengusaha ini mengecat taksi mereka dengan warna hitam, cokelat, putih, dan kotak-kotak. Dengan begitu, masing-masing perusahaan mempunyai warna khasnya tersendiri.

Namun, Allen kemudian mengecat ulang semua taksi merah dan hijaunya dengan warna kuning. Alasannya sederhana, yaitu agar taksi-taksinya mudah dikenali dan ditandai calon penumpang dari jauh.

Setahun berselang pada 1908, seorang pengusaha lain bernama Albert Rockwell, membuka sebuah perusahaan taksi di New York dan memutuskan untuk mengecat kuning pada taksi-taksinya. Alasan Rockwell mengecat kuning adalah karena itu menjadi warna favorit istrinya. Selain itu, dia beranggapan bahwa warna kuning akan membuat taksinya lebih mencolok di mata calon penumpang.

Tetapi, muncul pengusaha taksi lainnya bernama John Hertz, yang pada 1915 juga memilih warna kuning untuk taksinya karena berdasarkan ilmu sains. Dia meyakini, warna kuning digunakan untuk menyeragamkan armadanya dengan tingkat ketertarikan pengunjung di Kota New York.

Kemudian, pada 1967 otoritas Kota New York membatasi warna bagi taksi yang mempunyai sertifikat. Mereka lalu memutuskan untuk memilih warna kuning. Sejak saat itu, taksi kuning alias yellow cabs telah menjadi ikon yang tak terpisahkan dengan New York. Banyak perusahaan taksi yang kemudian meniru ide ini.

Taksi diberi warna kuning bukan hanya untuk menarik perhatian calon penumpang, tetapi ini adalah warna optimal bagi taksi karena meningkatkan visibilitas bagi pemudi lain di jalan, sehingga menurunkan peluang terjadinya kecelakaan. Itulah serangkaian sejarah mengapa taksi-taksi di Kota New York berwarna kuning hingg saat ini. (RAP/AIJ/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close