NasionalPilpres 2019

Ini Alasan Mantan Ketua MK Tak Gabung Tim Wiranto

Oleh: Muhajir |

Wartamelayu.com, Jakarta – Mahfud MD sebagai mantan ketua Mahkamah Konsitusi (MK), menjelaskan alasanya tidak ikut bergabung dalam Tim Asisten Hukum yang dibentuk Kementerian Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam). Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini sempat disebut masuk di antara 23 nama yang tergabung dalam tim tersebut.

“Saya tidak masuk ke tim hukumnya Pak Wiranto,” kata Mahfud singkat saat ditemui di kediaman Megawati Soekarnoputri, Menteng, Jakarta, Jumat (17/5).

Mahfud tidak menolak ajakan Kemenko Polhukam untuk bergabung. Hanya saja posisinya di tim itu telah ditempati orang lain.

“Bukan menolak [bergabung tim hukum], tapi diganti orang lain,” katanya.

Mahfud beralasan, di lembaga BPIP telah memiliki lima deputi yang sudah dilantik pada 18 Oktober 2018.

Terkait hal ini, BPIP mengusulkan Prof. Adji Samekto (Deputi Bidang Pengkajian dan Materi BPIP) untuk bergabung dalam tim asistensi hukum Kemenko Polhukam tersebut. “BPIP itu sebuah institusi yang juga punya deputi-deputi, sementara itu anggota semua di sana (tim asistensi hukum) deputi semua. Jadi kita kasih deputi namanya Prof Adji Samekto,” kata Mahfud.

Menko Polhukam, Wiranto, di kesempatan lain menjelaskan tim tersebut tak dibentuk sebagai badan kerja baru. Menurutnya, tim ini hanya bantuan bagi Kemenko Polhukam untuk mengkaji sejumlah persoalan hukum dan keamanan nasional. (RAP/EPJ/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close