Tips-tips

Ini Cara Menjaga Ketupat Agar Tak Cepat Basi

 

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Ikuti tips ini agar ketupat yang Anda buat lebih tahan lama.

Wartamelayu.com, Jakarta — Mulai banyak para penjual ketupat, baik selongsongnya (anyaman ketupat) atau ketupat jadi merupakan salah satu tanda Lebaran akan segera tiba. Salah satu kekurangan ketupat adalah masa penyimpanannya yang tidak tahan lama, yaitu cepat basi dan berlendir. Sekali dua kali tak jarang kita harus merelakan dan membuang ketupat yang telah dibuat susah payah karena sudah tak layak makan. Untuk menghindari hal tersebut, simak tips menyimpan ketupat agar tidak cepat basi di bawah ini.

Menyelupkan Ketupat ke Air Dingin
Segera setelah ketupat matang dan diangkat dari panci, celupkan ke dalam air dingin atau air es selama beberapa saat. Cara ini akan membuat proses pemanasan ketupat segera berhenti dan dingin sempurna.

Digantung atau Diangin-Anginkan
Setelah dicelupkan ke air dingin, segera angin-anginkan ketupat agar kandungan airnya berkurang. Cara ini akan menjaga ketupat tidak cepat basi.

Menyimpannya Dalam Kulkas
Menyimpan ketupat dalam kulkas akan membuatnya tahan lebih lama. Ketika akan dikonsumsi, ketupat cukup dihangatkan kembali.

Hindari Menyimpan Ketupat di Tempat Lembab
Bila ketupat diletakkan di tempat yang lembab, ketupat bisa cepat basi. Karena itu, pastikan menggunakan wadah yang bersih dan kering. Sirkulasi udaranya juga harus baik agar ketupat tahan lama.

Kukus Kembali
Biasanya ketupat tahan 2-3 hari. Tapi bila ingin membuatnya tahan lebih lama lagi, cobalah untuk mengukusnya pada hari kedua atau ketiga untuk dikonsumsi keesokan harinya. Selama tak berair, ketupat masih aman tetap dikonsumsi.

Potong Seperlunya Saat Akan Disajikan
Saat akan disajikan, ambil ketupat sesuai kebutuhan saja dan jangan diacak. Setelah itu, segera tutup rapat ketupat dan simpan kembali ke dalam lemari es. Jika ingin ketupat yang hangat, anda bisa mengukusnya sebentar. Jangan pernah merebus kembali ketupat, karena akan membuatnya jadi basah dan lembek, sehingga lebih cepat basi.

Jika anda sudah tahu cara menyimpan ketupat yang benar, dijamin deh tidak ada lagi ketupat yang terbuang sia-sia karena basi saat lebaran. Semoga artikel ini bermanfaat. (Rap/Dry/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close