Tips-tips

Ini Tips Agar Anak Tetap Nyaman Selama Perjalanan Mudik

 

Oleh: Suandri Ansah

Wartamelayu.com, Jakarta — Mudik menjelang lebaran menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi perantau yang rindu kampung halaman. Pasalnya, momen tersebut menjadi kesempatan bagi perantau menyalurkan rindu yang lama tertahan. Bersilaturahmi bersama orang tua dan keluarga besar adalah saat-saat membahagiakan.

Namun demikian, perjalanan mudik harus betul-betul dipersiapkan. Utamakan keselamatan dan keamanan baik yang menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.

Khusus pemudik yang membawa anak-anak dalam perjalanan mereka, perlu kesiapan ekstra dari orang tua untuk menjaga buah hatinya. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) membagikan tips agar mudik tetap aman, nyaman, dan menyenangkan bagi anak.

1. Pemudik yang menggunakan angkutan umum, seperti; bus, kereta api, pesawat, kapal laut, maupun menggunakan moda transportasi pribadi harus menjaga, mengawasi dan memastikan keselamatan anak dari segala potensi bahaya yang dapat mengancam setiap saat.

2. Orangtua memberikan perhatian khusus terhadap keselamatan, kenyamanan dan kesehatan anak saat perjalanan mudik berlangsung. Siapkan obat-obatan atau vitamin yang diperlukan. Obat-obatan seperti; minyak angin, flu, gatal-gatal adalah beberapa obat yang dibutuhkan sepanjang perjalanan.

3. Menghimbau kepada orangtua dan para pemudik agar tidak membawa anak dengan sepeda motor, apalagi untuk perjalanan yang jauh. Hal tersebut rentan membahayakan anak, baik dari kerentanan kecelakaan maupun dampak negatif lainnya, termasuk kerentanan anak terpapar debu sepanjang perjalanan.

4. Mengimbau kepada para pemudik bahwa apabila anak ikut dalam mudik dengan menggunakan angkutan umum, upayakan agar anak tidak ikut berdesak-desakan. Perhatikan juga sirkulasi udara dalam bis, kenyamanan tempat duduk dan minta supir untuk tidak ugal-ugalan sepanjang perjalanan.

5. Pastikan orangtua menyiapkan mainan yang aman dan disukai anak-anak untuk menemaninya sepanjang perjalanan, agar dapat mendukung kenyamanan anak.

Bonus: Pastikan pemudik beristirahat secukupnya di tempat-tempat yang telah disediakan. Jangan paksakan mengemudi ketika kondisi badan sudah lelah. Hal ini untuk menghindari potensi kecelakaan dalam perjalanan. (Rap/Dry/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close