LifestyleTips-tips

Ini Tips Mudah Atasi Mabuk Saat Perjalanan Mudik

Oleh: Suandri Ansah

Wartamelayu.com, Jakarta — Biasanya saat perjalanan jauh dan juga kemacetan panjang seringkali jadi hal menakutkan bagi mereka yang suka mabuk kendaraan. Apalagi ketika momen mudik seperti saat ini, pusing, mual, muntah, bahkan hingga berujung pada masuk angin menjadi hal yang biasa dirasakan.

Meski demikian, mual saat perjalanan bisa diminimalisir dengan mengonsumsi beberapa makanan. Lima makanan berikut ini bisa dibawa dan dikonsumsi ketika gejala mual mulai timbul.

1. Jahe
Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa makan jahe dapat mengurangi mual yang disebabkan oleh mabuk perjalanan. Selain itu, jahe dapat menjadi pengobatan yang aman dan efektif untuk mual di pagi hari selama kehamilan.

Minum air rebusan jahe bersama teh dan madu. Konsumsi satu jam sebelum memulai perjalanan. Mengonsumsi jahe secara langsung atau dihisap seperti permen juga bisa jadi pilihan kalau doyan.

2. Air mineral
Saat Anda mual, Anda mungkin tidak ingin makan sama sekali. Namun, minum cairan dan tetap terhidrasi sangat penting, terutama jika timbul gejala mau muntah atau demam.

Beberapa minuman terbaik untuk melawan dehidrasi dan mual: air mineral, air soda atau minuman soda rasa, es teh, tawar jus buah, dan air kelapa. Minuman yang sangat manis, berkafein, atau susu dapat memperburuk mual, jadi sebaiknya dihindari.

3. Makanan dingin
Saat mual, makanan dingin bisa jdi lebih baik dari hidangan hangat. Itu karena makanan dingin pada umumnya tidak memiliki bau yang kuat, yang dapat memicu mual. Beberapa pilihan makanan dingin termasuk Jell-o, es krim, buah-buahan dingin, yogurt, custard dan es loli beku.

Jika mual membuat nafsu makanan menjadi tidak enak, cukup mengisap es batu bisa membantu. Ini juga cara yang baik untuk mengisi kembali cairan tubuh secara perlahan.

4. Pisang
Pisang adalah camilan bergizi dan padat energi yang mudah dimakan bahkan ketika kondisi tubuh sakit. Terlebih lagi, pisang membantu menggantikan kalium yang hilang jika muntah atau mengalami diare.

Satu pisang ukuran sedang yang berisi 105 kalori, 27 gram karbohidrat, 12% dari kebutuhan potasium harian Anda dan 22% dari vitamin B untuk vitamin B6. Makanan lunak, padat energi lainnya termasuk alpukat, bubur, buah rebus, kentang tumbuk dan selai kacang.

5. Teh herbal
Teh herbal umumnya digunakan sebagai obat untuk mual. Bahkan, satu studi menemukan bahwa 21,7% dokter kandungan merekomendasikannya kepada wanita hamil yang mengalami mual.

Minum secangkir teh peppermint atau menambahkan seiris lemon ke dalam air panas dapat meredakan mual . Bahkan jika ramuan itu sendiri tidak menunjukkan efek apa pun, cairan itu membantu hidrasi saat tubuh tidak enak. (Rap/Dry/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close