Tekno

Instagram Janjikan Imbalan untuk Para Bug Hunter

Oleh: Anisa Tri K

Wartamelayu.com, Jakarta – Media sosial Instagram, akan memberikan hadiah kepada peneliti keamanan atau para pencari celah keamanan (bug hunter). Hadiah akan diberikan kepada mereka yang berhasil menemukan aplikasi pihak ketiga yang menyalahgunakan data pribadi Anda. Program ini bertujuan untuk mendorong para ahli di luar Instagram dan Facebook mengatasi masalah besar yang dihadapi jejaring sosial.

Program yang dinamai ‘Data Abuse Bounty’ ini, dinilai berbeda dengan bug bounty biasa yang hanya menemukan celah keamanan saja.

“Tujuan kami adalah membantu melindungi informasi yang dibagikan orang-orang di Instagram,” tulis Manajer Teknik Keamanan Instagram, Dan Gurfinkel, pada Senin (19/8).

Selain itu, Gurfinkel menyebut jika program ini bertujuan untuk mendorong para peneliti keamanan agar segera melaporkan jika terjadi potensi penyalahgunaan. “Setelah mendapat laporan, kami dengan cepat akan mengambil tindakan,”

Nam Nguyen, kepala Teknik Instagram mengatakan bahwa program bug bounty adalah kunci dalam upaya keamanan berkelanjutan. “Kami berterima kasih kepada komunitas keamanan atas semua yang mereka lakukan untuk membantu menjaga platform kami tetap aman,” kata Nguyen.

Perusahaan juga meminta pengembang untuk membantu mengidentifikasi segala kekurangan dalam fitur Checkout-nya, yang memungkinkan pengguna Instagram melakukan pembelian tanpa meninggalkan aplikasi.

Layanan saat ini tersedia untuk pengguna AS dan dalam versi beta untuk bisnis, artinya sejumlah pengecer terbatas dapat menggunakannya untuk menjual di AS.

Instagram dan Facebook kini tengah menghadap tekanan publik terkait dengan privasi data pengguna. Namun, mereka mulai sadar dan perhatian terhadap keamanan data pengguna sejak skandal Cambridge Analytica, konsultan politik di Inggris yang memperoleh jutaan catatan pengguna Facebook dari pengembang aplikasi pihak ketiga.

Sejak skandal itu, Facebook juga melakukan program bug bounty terkait dengan penyalahgunaan data, selain kelemahan keamanan siber. (Rap/*/Dry/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close