Nasional

IPI Pastikan Pelantikan Presiden Aman

Oleh: Muhajir

Wartamelayu.com, Jakarta – Direktur Indonesian Public Institue (IPI), Karyono Wibowo, menilai belum ada indikator kuat yang bisa menggagalkan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih terpilih, Jokowi-Ma’ruf, pada 20 Oktober mendatang. Atas dasar itu ia memastikan acara sakral itu akan berjalan lancar sesuai agenda yang telah diatur.

“Saya belum melihat adanya indikator kuat untuk menggagalkan pelantikan presiden,” kata Karyono di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/10).

Dia menjelaskan, sejumlah rentetan peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini sama sekali tak terkait dengan pelantikan presiden. Misalnya demonstrasi mahasiswa, kerusuhan Wamena, hingga penusukan Menkopulhukam, Wiranto.

Peristiwa tersebut memiliki tujuan berbeda-beda. Tidak memiliki tujuan yang sama. “Saya tak yakin ada aksi yang bisa menggagalkan,” ujarnya.

Namun, ia menyebut setidaknya ada dua yang menjadi tujuan utama aksi-aksi tersebut. Dua hak itu terkait keamanan dan upaya delegitimasi pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

“Ada dua target minimal, yakni mengganggu stabilitas keamanan nasional negara, dan kedua mendeligitinasi pemerintahan Jokowi di periode kedua,” kata dia.

Dia sependapat dengan Politikus Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, bahwa pelantikan presiden seharusnya disambut dengan suka-cita oleh seluruh pihak. Ini karena pelantikan Jokowi sejatinya adalah kemenangan seluruh warga negara Indonesia.

Ace sebelumnya mengatakan pihak yang Tak menerima Jokowi-Ma’ruf dilantik menjadi presiden adalah orang yang anti demokrasi. Ini karena pelantikan itu seharusnya disambut dengan perayaan kemenangan.

“Menjelang 20 Oktober seharusnya seharusnya diwarnai dengan perayaan,” kata Ace di lokasi yang sama. (RAP/EP/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close