Khazanah

Islam Melarang Menyiksa Hewan

Oleh: Herry M Joesoef

Wartamelayu.com, Jakarta – Beberapa waktu lalu, di Jakarta, ada seorang lelaki yang memakan hewan kucing dalam keadaan hidup-hidup. Videonya beredar viral. Mengerikan. Hari Idul Adha kemarin, Ahad (11/8), beredar juga video seorang lelaki menyembelih sapi seperti menggergaji. Ini karena pisaunya kurang tajam dan panjang. Setelah lebih dari 7 kali gorokan, barulah si sapi menjemput ajalnya. Hewan qurban hendaknya digorok sekali atau dua kali, tidak boleh berkali-kali karena itu akan menyakiti dan menyiksanya.

Memakan kucing hidup-hidup dan menggorok berkali-kali hewan yang disembelih adalah bentuk-bentuk penyiksaan terhadap hewan. Dikisahkan, suatu hari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menghampiri seorang bocah bernama Umair yang waktu itu sedang bermain dengan burung kesayangannya yang bernama Nughair. Bertanyalah Rasulullah kepada si bocah, “Ya Abu Umair, apa yang sedang dikerjakan burungmu yang bernama Nughair?” (HR. Imam Bukhari, Abu Dawud, at-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad, dan Baihaqi)

Umair bisa bermain dengan burung kesayangannya karena si burung merasa aman berada di dekat Umair. Tetapi keadaan akan lain jika hewan diperlakukan tidak sepatutnya.

Rasulullah juga mengingatkan, agar kita, umat manusia, tidak menyiksa hewan, dalam berbagai bentuk. Beliau bersabda, “Seorang perempuan masuk neraka disebabkan seekor kucing betina yang ia ikat. Dia tidak memberinya makan dan tidak pula melepaskannya hingga ia mencari makan di muka bumi, hingga akhirnya kucing tersebut mati dalam keadaan kurus-kering.” (HR. Imam Bukhari dan Muslim)

Begitu indahnya ajaran Islam, tidak boleh menyiksa hewan, apalagi terhadap sesama manusia. Rasulullah pernah berpesan, “Sayangilah siapa yang ada di bumi, maka akan menyayangimu siapa yang ada di langit.” (HR. Imam at-Tirmidzi, Baihaqi, dan Ibnu Mubarak)

(RAP/HMJ/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close