EkonomiNews

Jadi Kota Kreatif, 4.000 UMKM di Palembang Diberi Kredit Tanpa Bunga

Oleh: Alwi Alim

Wartamelayu.com, Palembang — Kota Palembang terpilih sebagai empat besar menjadi kota kreatif di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari dukungan para Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) di Kota Palembang.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan Palembang kini dinobatkan menjadi kota kreatif empat besar. Keempat kota dan kabupaten tersebut yakni Kota Palembang, Malang, Majalengka, dan Kutai Kartanegara.

“Ini harus menjadi motivasi bagi kita semua agar terus berinovasi dan berkreatifias,” katanya saat memberikan keterangan pers, Senin (24/6).

Menurutnya, keberhasilan ini berkat kerjasama dan kolaborasi semua pihak. Tentunya tidak lepas dari peran UMKM. Karena itu, pihaknya terus mendukung agar UMKM maju dan berkembang. Bahkan, pihaknya hingga saat ini telah memberikan kurang lebih empat ribu UMKM kredit tanpa agunan atau bunga.

“Kita inginnya usaha pempek itu mendunia dan sekelas dengan Mc Donald serta KFC,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Litbang Palembang, Harrey Hadi menambahkan terpilihnya Kota Palembang berdasarkan lima penilaian.

Pertama, kreasi yang dihasilkan dari Kota Palembang, produksi dari kreasi tersebut. Kemudian, distribusi, konservasi dan konsumsinya. “Penilaian ini dilakukan tahun lalu oleh tim dari pusat,” kata dia.

Semula, ada 50 Kabupaten/kota yang ikut dalam kota kreatif ini. Kemudian, dipilih menjadi 10 kabupaten/kota untuk memaparkan hasil kreatifitasnya.

Dalam pemaparan tersebut dibutuhkan cara untuk meyakinkan dari kreatifitas, produksi hingga konsumsi. “Nah, akhirnya kita (Kota Palembang) masuk dalam empat besar,” tuturnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close