Nasional

JK Sindir BPPT Masih Tampilkan Hasil Riset Lama

Oleh: Rosid 

Wartamelayu.com, Denpasar – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku selalu hadir setiap tahun dalam peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas). Pada peringatan Harteknas tahun 2019 ini, ia menyindir Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menampilkan hasil penelitian teknologi lama yang ditampilkan dalam pameran.

“Saya menghadiri 4 tahun dan 5 kali peringatan ini. Itu namanya tentu kita semua memberikan perhatian yang besar kepada kemajuan kita semuanya. Memang dalam satu kali pameran beberapa waktu yang lalu tahun lalu saya diperlihatkan hasil kerja dua hingga tiga tahun sebelumnya yang sudah saya lihat,” katanya dalam sambutannya, Rabu (28/8).

Ia mengatakan hal tersebut dilakukan oleh BPPT yang botabenenya sebagai pisat teknologi di Indonesia. Seharusnya ada peraturan agar inovasi yang ditampilkan merupakan penelitian terbaru.

“Dan itu di BPPT, justru BPPT pusat teknologi memamerkan hal yang sama padahal itu berkembangnya luar biasa,” katanya.

JK mengatakan bahwa Indinesia kini tertinggal di bidang teknologi dari negala lainnya. Dari 120 negara yabg diberikan indeks oleh Global Innovation index, Indonesia ada di nomor 89. Kita jauh tertinggal dari Singapura dan Malaysia. Dan hanya menang dari negara kecil Kamboja.

“Di antara 120 negara yang diberikan indeks oleh Global Innovation index kita nomor 85 sementara Singapura nomor 5, Malaysia no 30. Kita hanya mengalahkan Kamboja negara yang lebih kecil dan baru saja mau ingin maju. Artinya kita perlu kerja keras,” katanya. (Rap/Ari/PS/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close