Tekno

Jumlah Pengguna Terkena Malware Keuangan Capai 7 Persen

Oleh: Suandri Ansah

Wartamelayu.com, Jakarta – Kaspersky mencatat jumlah pengguna yang terkena malware keuangan mencapai 7% pada Semester I 2019. Peneliti mengungkapkan malware tersebut terdampak pada 430 ribu pengguna perusahaan.

Peneliti mengatakan, mereka menghadapi malware yang bertujuan mencuri keuangan, cryptocurrency, dan layanan web-money. Angka tahun ini meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Lebih dari sepertiga (30,9%) dari mereka yang terkena dampak adalah pengguna korporasi, meningkat dua kali lipat dibanding semester pertama 2018 (15,3%),” dikutip laman resmi Kaspersky, Ahad (11/8).

Peneliti menjelaskan, malware keuangan, umumnya diidentifikasi sebagai Trojan perbankan. Malware ini menyasar data keuangan, serta memberikan akses kepada para pelaku ancaman dengan aset dan mesin pengguna dan lembaga keuangan.

“Ancaman seperti itu selalu menempati bagian penting dari lanskap ancaman, karena keuangan adalah motivasi paling umum bagi penjahat cyber dan penipu,” tulis Kaspersky.

Data Kaspersky tentang sampel baru dari ancaman ini secara terus-menerus menunjukkan bahwa malware yang bertujuan mencuri dana aktif dan sangat berbahaya. Terutama ketika menyangkut lingkungan perusahaan, karena sebagian besar jaringan perusahaan biasanya mengandalkan perangkat yang saling terhubung.

Jenis serangan malware keuangan biasanya email spam dan web phising. Yang terakhir biasanya tampak sebagai situs web yang sah, namun sebenarnya dibuat oleh aktor ancaman dalam upaya untuk mencuri kredensial, detail kartu bank atau jenis informasi sensitif lainnya.

Selama paruh pertama 2019, peneliti Kaspersky telah mendeteksi lebih dari 339.000 serangan phishing dari halaman web yang disamarkan sebagai halaman muka sebuah bank besar. Para peneliti juga telah menyusun daftar keluarga Trojan perbankan paling populer yang digunakan untuk menyerang pengguna perusahaan.

Empat-dalam-sepuluh (40%) ancaman keuangan terhadap pengguna perusahaan berasal dari Trojan perbankan RTM – salah satu jenis malware perbankan yang paling berbahaya untuk bisnis pada tahun 2018.

RTM diikuti oleh Trojan perbankan Emotet sebesar 15%. Ancaman ini dapat sangat merusak karena begitu masuk ke dalam perimeter jaringan entitas, ia dapat didistribusikan sendiri melalui kerentanan di perangkat yang tidak terlihat.

Kemudian mengunduh ancaman tambahan ke perangkat korban. Trojan perbankan Trickster mengumpulkan tiga malware yang diidentifikasi, ada sekitar 12% ancaman yang ditemukan. (Rap/*/Dry/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close